Ternyata Ada Hubungan antara Kosmetik dan Kesehatan Lingkungan, Lho!

Dalam hal penggunaan kosmetik, makeup, atau produk perawatan kulit, wanita biasanya hanya peduli dengan keamanan kosmetik di kulitnya. Itu tentu saja tidak sepenuhnya salah. Siapa yang mau melukai kulitnya karena produk yang mengandung bahan berbahaya?

Namun, bukan hanya kesehatan kulit kita yang perlu diperhatikan. Saat memilih produk riasan atau perawatan kulit, ada beberapa bahan yang tidak ramah lingkungan.

Berikut ini adalah hubungan antara produk perawatan kulit yang Anda gunakan dan lingkungan sekitar Anda. Mari kita bahas lebih detail mulai sekarang!

1. Meskipun aman untuk kulit, namun sebenarnya mencemari lingkungan

Tanpa disadari, ternyata ketika produk makeup tertentu digunakan, meski aman untuk kulit, kita juga ikut berkontribusi terhadap polusi. Padahal, efeknya tidak bisa dirasakan secara langsung. Tapi pikirkan lagi di mana sisa riasan Anda saat tidak di alam liar?

2. Saat mencuci, air tercemar dan beracun bagi tumbuhan atau hewan

Zat seperti triclosan dan mikrosfer plastik yang ditemukan dalam produk riasan atau perawatan kulit bersifat racun bagi tumbuhan dan hewan. Saat kita mencuci riasan dan zatnya larut dalam air, bukan tidak mungkin air mengalir ke tumbuhan, ikan atau hewan lain. Beginilah cara kita menjadi pembunuh bagi populasi yang hidup.

3. Beberapa bahan riasan juga bisa menguap dan mengotori udara

Beberapa bahan seperti silikon atau siloxanes yang biasa ditemukan pada makeup foundation tidak hanya larut dalam air, tetapi juga zat yang dapat menguap dan mencemari udara.

Memang efeknya tidak langsung dan tentunya tidak terlihat dengan kasat mata, namun itu berarti kita telah menjadi salah satu orang yang bertanggung jawab atas pencemaran udara.

4. Bahan alami tentu lebih baik dari bahan kimia

Semua itu bisa berkurang jika kita lebih cenderung menggunakan produk makeup dan perawatan kulit dengan bahan alami. Jika semua wanita “membaca dan menulis” lebih banyak lagi, produsen produk kosmetik juga akan mengurangi penggunaan zat yang dapat merusak lingkungan. Karena bahan alami tentu lebih baik dari bahan kimia.

5. Kesadaran yang lebih besar akan kesehatan lingkungan bisa dimulai dari diri Anda sendiri

Kita juga perlu lebih waspada terhadap hal-hal yang dapat merusak lingkungan kita. Kita tidak hanya akan merasakan dampak buruknya, tetapi generasi masa depan kita akan lebih terpengaruh. Untuk melakukan ini, pastikan bahwa kita sadar bahwa kita mencintai lingkungan, karena semuanya dimulai dari yang kecil, yaitu diri kita sendiri.

Kurangi penggunaan produk kimia-kosmetik yang dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan. Lebih baik memilih secara alami. Setuju girls?.

Yuk cari tahu informasi mengenai kosmetik jafar di perawatan sehat dengan url resminya https://perawatansehat.co.id.

Muchammat Kristanto