Hentikan Normalisasi Pelecehan Seksual, Muncul Petisi Boikot Saipul Jamil

Apakah anda tahu kronologi terjadinya kasus pencabulan yang telah dilakukan oleh artis bernama Saipul Jamil yang tengah viral sampai saat ini ternyata sudah berlangsung sejak tahun 2016 kemarin?

Dikutip melalui laman resmi Zine Id, pada tahun 2016 lalu atau lebih tepatnya di bulan februari Saipul Jamil telah dilaporkan oleh ds yang mana diketahui merupakan seorang remaja yang masih berusia 17 tahun dengan tuduhan pelecehan seksual atau lebih tepatnya pencabulan.

Diketahui bahwa pada dasarnya ke dua orang ini sebenarnya sudah saling kenal satu sama lain melalui sebuah program acara di stasiun televisi swasta yang menayangkan ajang pencarian bakat.

Modus awal dari Saipul Jamil ini tak lain yaitu dengan cara memberikan tumpangan untuk pulang lalu dilanjutkan untuk mengajak sang korban agar mau menginap di rumahnya sendiri hingga memintanya untuk memijat dirinya.

Puncaknya, perlakuan tidak senonoh yang dilakukan oleh Saipul Jamil ini dilakukan pada saat korban sedang tidur terlelap di kamar asistennya kurang lebih sekitar pukul 4 dini hari.

Saat itu korban dinyatakan sangat ketakutan hingga tidak dapat melawan Saipul Jamil. Setelah itu korban pun memutuskan untuk langsung meninggalkan rumah Saipul Jamil dan melaporkan kejadian pelecehan seksual yang dilakukan oleh Saipul Jamil tersebut kepada ke dua orang tuanya dan juga pihak kepolisian setempat.

Setelah tuduhan yang dilayangkan kepada Saipul Jamil tersebut maka akhirnya dirinya pun ditetapkan menjadi tersangka oleh para penyidik pada tanggal 18 februari 2016. di sisi lain Saipul Jamil pun akhirnya juga telah ditetapkan bersalah atas laporan yang telah dilakukan oleh para penyidik tadi.

Oleh karena itu, Saipul Jamil pun akhirnya dijatuhi hukuman dalam kurungan dengan kurun waktu tiga tahun lamanya namun kemudian hukuman tersebut menjadi semakin diperberat menjadi lima tahun lamanya pada saat melakukan banding. Hal ini tak lain karena keputusan banding tersebut telah diperkuat oleh mahkamah agung (ma) pada bulan desember tahun 2017 silam.

Muncul Petisi Boikot Saipul JamilPetisi Boikot Saipul Jamil Petisi Boikot Saipul Jamil

Kembali lagi ke bagian awal. Hal yang tengah viral saat ini tak lain yaitu setelah berakhirnya masa penjara Saipul Jamil dirinya pun diarak menggunakan kalungan bunga di lehernya layaknya seorang pahlawan yang telah mengharumkan nama bangsa.

Belum lagi bebasnya Saipul Jamil tersebut juga mendapat banyak sekali sorotan oleh berbagai media. Baik itu penyambutannya dengan cara muncul di televisi hingga penayangannya di youtube.

Di mana puncaknya salah satu stasiun tv swasta yang ada di indonesia tersebut menampilkannya dalam sebuah program acara untuk merayakan kebebasannya tersebut. Di sisi lain,Saipul Jamil pun juga memperoleh banyak sekali kiriman bunga nan berjejer di depan lapasnya sendiri yang berada di cipinang.

Parahnya lagi Saipul Jamil dijemput dengan tunggangan mobil porche merah. Tidak sampai situ saja, bahkan belum lama ini juga muncul sebuah petisi yang menyerukan untuk memboikot Saipul Jamil.

Petisi boikot Saipul Jamil tersebut juga mengutip pernyataan dari salah satu anggota komisi DPR RI 1 yang tak lain yaitu bobby rizaldi yang mana ditujukan kepada KPI alias komisi penyiaran indonesia.

Nantinya KPI akan diminta untuk memperhatikan keberadaan korban dalam hal psikologisnya untuk lebih lanjutnya lagi yang mana masih mengalami trauma akibat kasus pelecehan seksual tadi. Selain itu petisi tersebut juga mengungkapkan dengan tegas melakukan penolakan seorang terpidana yang pedofil tersebut untuk hadir kembali sebagai artis di dunia hiburan.

Sumber

 

Aljuni Hirossie