Fitur dan Manfaat dari Google Classroom

Sejak COVID-19, pandemi corona telah melanda dan hampir melumpuhkan seluruh negara beserta aktivitas sosial dan ekonominya, termasuk Indonesia. Saat ini, negara kita memberlakukan peringatan dan larangan pergi ke sekolah, bekerja atau pergi ke sekolah. Sehingga banyak istilah yang muncul darinya, seperti bekerja dari rumah atau belajar di rumah.

Bagi siswa, aturan ini tentunya akan mengganggu proses pembelajaran, apalagi dengan banyaknya siswa di tahun terakhir sekolah sehingga membutuhkan waktu belajar yang lebih banyak untuk lulus ujian akhir. Tetapi pemerintah Indonesia telah mengumumkan penangguhan ujian nasional untuk menahan orang-orang di rumah dan memperpendek serta memperpendek rantai penyebaran korona.

Meski begitu, siswa juga harus tetap belajar, meski sedang online. Guru dan pendidik harus kreatif untuk terus menjangkau dan mengajar siswanya. Cara paling aman untuk mengajar saat ini tentunya melalui aplikasi seperti Google Classroom.

Fitur dan Manfaat Google Classroom

Ada beberapa fitur dan manfaat yang bisa didapatkan dari Google Classroom bila digunakan sebagai sistem pengelolaan pembelajaran (LMS), yaitu:

Menyiapkan kelas itu cepat dan mudah

Membuat pelajaran di Google Kelas sangat cepat dan mudah dibandingkan dengan menginstal LMS lokal atau mendaftar dengan penyedia LMS. Guru hanya membutuhkan akses ke aplikasi Google Kelas dan dapat mulai berbagi tugas dan materi pembelajaran.

Guru dapat menambahkan daftar siswa atau membagikan kode unik yang memberikan akses ke kelas di Google Kelas. Antarmuka Google Kelas lebih sederhana dan lebih mudah digunakan (mudah digunakan), sangat ideal untuk semua pengajar dengan tingkat pengalaman eLearning yang berbeda.

Hemat waktu dan efisiensi

Peserta atau siswa tidak perlu lagi mengunduh tugas yang diberikan oleh guru. Guru membuat dan mendistribusikan dokumen secara online untuk siswanya dan juga dapat menilai mereka, memberikan masukan untuk semua tugas, dan mengambil penilaian menggunakan aplikasi Google Kelas.

Jadi ada potensi penghematan waktu bagi siswa dan guru. Semuanya dilakukan tanpa kertas (paperless), jadi tidak ada waktu yang terbuang untuk berbagi dokumen fisik dan siswa dapat menyelesaikan tugas mereka dengan benar secara online, membuatnya lebih mudah untuk memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan dan menyesuaikan pembelajaran online dengan jadwal harian mereka.

Mampu meningkatkan kolaborasi dan komunikasi

Salah satu manfaat utama menggunakan Google Kelas adalah kolaborasi online yang efisien. Guru dapat mengirimkan pemberitahuan kepada peserta atau siswanya untuk memulai diskusi online atau untuk memberi tahu mereka tentang aktivitas pembelajaran online tertentu.

Di sisi lain, siswa memiliki opsi untuk memberikan masukan kepada rekannya dengan mengupload postingan langsung ke diskusi di Google Kelas.

Dengan begitu, jika mereka membutuhkan bantuan karena kesulitan memahami tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, mereka bisa mendapatkan masukan langsung secara langsung dari teman sekelas virtual mereka. Pada dasarnya, Google Kelas berfungsi untuk meningkatkan aspek pembelajaran sosial dari pendidikan online, memungkinkan siswa mendapatkan keuntungan dari pengalaman dan keterampilan rekan mereka.

Penyimpanan data terpusat

Hanya di satu tempat yaitu Google Classroom, semua pembelajaran berlangsung di satu tempat terpusat. Siswa dapat melihat semua tugas mereka dalam folder tertentu, guru dapat menyimpan materi dan aktivitas eLearning untuk tahun ajaran di cloud, dan semua nilai atau nilai dapat dilihat di aplikasi.

Kedua belah pihak tidak perlu khawatir kehilangan dokumen atau penilaian karena semuanya disimpan dalam LMS gratis ini.

Berbagi sumber daya yang efisien, praktis, dan cepat

Fasilitator atau guru dan pelatih online memiliki kemampuan untuk berbagi informasi dan sumber daya secara online dengan peserta mereka secara real time. Daripada memperbarui kursus eLearning atau mengirim email kepada setiap siswa satu per satu, cukup dengan membuka aplikasi Google Kelas memungkinkan pengajar memberikan tautan ke sumber daya online dan mendistribusikan materi eLearning tambahan untuk dimanfaatkan oleh siswanya.

Hal ini memungkinkan siswa untuk menerima pembaruan tepat waktu tentang pelajaran saat ini sehingga mereka dapat lebih memahami materi dan mengakses alat multimedia yang dapat meningkatkan pengalaman eLearning mereka.

Itulah cara google classroom bekerja untuk kita-kita, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih sudah membaca.

Selengkapnya tentang panduan menggunakannya: https://www.hops.id/cara-google-classroom.

Muchammat Kristanto