Delapan jenis gambar konstruksi yang digunakan dalam konstruksi komersial

Cetak biru, denah, gambar — dalam konstruksi, ketiga istilah ini merujuk pada hal yang sama. Ini adalah gambar teknis yang dibuat oleh arsitek, insinyur, dan desainer untuk mewakili visi proyek konstruksi, dan bertindak sebagai peta jalan untuk mewujudkannya.

Tukang kayu profesional Elly Hart menjelaskan di kelasnya tentang membaca cetak biru komersial , “Cetak biru konstruksi bukan hanya gambar — mereka adalah kontrak yang mewakili apa yang akan dibangun, dan ini adalah bentuk komunikasi penting yang membuat semua orang terlibat di halaman yang sama . Itu adalah satu tujuan bersama untuk semua perdagangan berbeda di situs. ”

8 JENIS GAMBAR KONSTRUKSI

Ada 8 jenis gambar konstruksi utama yang termasuk dalam satu set cetak biru komersial. Jenis gambar yang sama juga muncul dalam konstruksi tempat tinggal, tetapi ruang lingkup dan konten spesifiknya akan berbeda. Elly Hart menjelaskan:

“Pada proyek komersial, cetak biru biasanya dipisahkan oleh disiplin ilmu. Gambar arsitektural terpisah dengan gambar struktur, yang terpisah dengan gambar mekanik, dan seterusnya. Satu set lengkap IFC sering kali berisi ratusan dan ratusan lembar. Biasanya akan ada beberapa lantai, beberapa set tangga, beberapa komponen yang terlihat sama tetapi memiliki perbedaan penting bergantung pada tujuan dan lokasinya, dan semuanya harus dapat diidentifikasi secara unik di denah. ”

Khusus untuk material bangunan seperti pasir bisa lihat di lapakpasir.com

Di bawah ini adalah deskripsi rinci dari setiap jenis gambar konstruksi yang akan Anda temui dalam satu set cetak biru komersial.

Rencana Situs

Denah lokasi adalah jenis gambar arsitektur yang berfungsi sebagai peta situs bangunan, memberi Anda detail yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana struktur akan diorientasikan pada banyak hal. Seorang arsitek akan membuat diagram yang menunjukkan bidang tanah dan garis propertinya, bersama dengan fitur lanskap, kemunduran, jalan masuk, tiang listrik dan saluran listrik, pagar, dan struktur di tempat.

Denah Lantai

Denah lantai adalah pandangan mata dari sebuah bangunan, memberi Anda gambaran rinci tentang tata letak setiap lantai. Ini mencakup fitur-fitur seperti dinding, pintu, jendela, jalan keluar , dan terkadang bahkan furnitur.

Rencana Plafon Tercermin (Reflected Ceiling Plans / RCP)

The RCP adalah cetak yang menunjukkan Anda dimensi, bahan, dan informasi penting lainnya tentang langit-langit setiap kamar diwakili pada cetak biru Anda. Ini mengambil namanya dari gagasan bahwa Anda melihat ke bawah ke langit-langit seolah-olah ada cermin di lantai yang mencerminkan denah langit-langit kembali kepada Anda.

Anda bisa lihat harga bahan bangunan lainnya melalui link tersebut.

Bagian

Sementara denah lantai memberikan tampilan horizontal lantai dalam sebuah bangunan, bagian-bagiannya memberikan tampilan vertikal. Tampilan penampang menunjukkan ketinggian lantai, ketinggian langit-langit, dan detail konstruksi seperti pemisah api.

5 Alat SEO Website yang harus anda ketahui

Sementara denah lantai memungkinkan untuk melihat bagaimana dinding berdiri dalam hubungannya satu sama lain, satu bagian menunjukkan di mana dinding bertemu dengan lantai, dan jarak yang memisahkan satu lantai dari lantai lainnya.

Bagian juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana ruang bangunan akan mengakomodasi penghuninya di masa depan dan apakah, misalnya, langit-langit akan terasa seperti menjulang atau membumbung tinggi di atas kepala.

Gambar Struktural

Para insinyur membuat gambar struktur untuk menunjukkan bagaimana bangunan akan dibingkai, dan bagaimana strukturnya akan diberikan. Anda akan melihat gambar struktural untuk setiap lantai bangunan, termasuk lantai di bawah kelas seperti taman dan gudang.

Gambar Mekanik, Listrik, dan Perpipaan (MEP)

Gambar MEP menunjukkan sistem saraf pusat sebuah gedung. Menjelaskan fungsi-fungsi ini, mulai dari memastikan kualitas udara hingga perencanaan sistem elektronik dan komunikasinya, hingga menyusun rute perpipaan yang rumit, adalah tanggung jawab para insinyur MEP.

The rencana mekanik menunjukkan pemanasan, ventilasi, dan pendingin udara (atau HVAC) sistem bangunan.

Rencana kelistrikan menunjukkan bagaimana sistem kelistrikan akan menyediakan catu daya untuk lampu dan peralatan, serta sistem kontrol akses dan alarm kebakaran. Insinyur kelistrikan merancang rute untuk perkabelan sehingga dapat dioperasikan dengan aman dan terus menerus.

Rencana perpipaan mencerminkan rute perpipaan dan pembuangan limbah yang kompleks untuk bangunan, serta pengumpulan dan penyimpanan air panas dan air hujan.

Jadwal

Jadwal adalah gambar yang menunjukkan informasi tambahan, biasanya disajikan dalam tabel, yang melampaui detail yang dapat ditemukan di denah lantai. Jadwal jendela dan pintu memberikan informasi tambahan yang diperlukan kontraktor untuk memasang barang-barang ini: berbagai jenis jendela dan pintu yang akan digunakan di gedung, lokasinya, dan perangkat keras serta pelapis yang akan digunakan dengan masing-masingnya. Seringkali ada jadwal perangkat keras dan penyelesaian yang terpisah serta jadwal perlengkapan dan perlengkapan.

jago