Contoh Surat SCKC dan Syarat Mendapatkannya

SKCK merupakan surat yang sangat penting. Berikut adalah keterangan lebih lanjut mengenai surat SKCK ini.

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan surat yang berisi catatan tentang perilaku baik seseorang yang diterbitkan oleh Polsek atau Polres setempat. Dengan mendapatkan surat tersebut, pemegangnya dapat membuktikan bahwa ia tidak pernah melakukan tindakan kriminal. Berikut adalah keterangan dan contoh surat SKCK yang benar.

Contoh Surat SKCK dan Manfaatnya

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat surat SKCK, diantaranya adalah:

  • Masuk PNS

Syarat agar Anda bisa terdaftar sebagai calon PNS adalah memiliki SKCK. Dengan memiliki surat tersebut, Anda bisa melengkapi berbagai dokumen yang disyaratkan untuk menjadi CPNS.

  • Melamar Kerja

Kebanyakan perusahaan mensyaratkan SKCK sebagai lampiran  tambahan untuk dokumen melamar kerja. Pelamar yang memiliki SKCK memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima karena tidak memiliki catatan kriminal.

  • Mendaftar Sekolah

Sebenarnya di Indonesia proses daftar sekolah bisa dilakukan tanpa SKCK. Namun untuk mereka yang ingin melanjutkan sekolah di luar negeri, Anda diharuskan membuat SKCK untuk mempermudah proses pendaftaran. Beberapa sekolah dalam negeri kadang juga mensyaratkan dokumen ini.

  • Pencalonan Diri sebagai Pejabat

Contoh surat SKCK dan manfaat lainnya adalah Anda bisa mencalonkan diri sebagai kepala desa, anggota DPRD atau kepala daerah dan bupati. Tanpa surat ini, Anda tidak bisa mencalonkan diri dan melengkapi pemberkasan yang disyaratkan.

  • Persyaratan Menikah

Untuk Anda yang ingin menikah dengan anggota Polri atau TNI maupun telah menjadi anggota Polri dan TNI, maka SKCK sebelum menikah wajib dibuat. Dengan ini proses pernikahan akan berjalan dengan lancar.

Beberapa manfaat diatas adalah kegunaan dan fungsi SKCK yang diterbitkan oleh Polres. Jika Anda membuat SKCK di Polda, maka kegunaan tambahan lainnya adalah:

  • Pembuatan Paspor

Anda bisa menggunakan SKCK untuk melengkapi persyaratan membuat paspor. Syarat tersebut akan digunakan untuk menujukkan bahwa Anda berkelakukan baik, tidak memiliki catatan kriminal dan penjaminan Anda tidak akan melakukan hal yang buruk di luar negeri.

  • Syarat untuk Mendaftar Walikota

Jika ingin mendaftar sebagai calon Walikota, Anda membutuhkan SKCK yang dibuat oleh Polda. Tanpa SKCK, Anda tidak hanya tidak bisa melengkapi syarat pemberkasan, namun juga akan kesulitan untuk lolos administrasi.

Cara Membuat SKCK

Untuk membuat SKCK, Anda bisa datang langsung ke Polres atau Polda setempat. Namun selain datang ke kantor, kini sudah tersedia pembuatan SKCK secara online. Berikut adalah keterangan dari dua langkah yang umum digunakan.

  • Jika menggunakan cara online, Anda harus tahu teknisnya dengan baik karena masing-masing instansi memiliki syarat yang berbeda.
  • Jika menggunakan cara offline, Anda hanya perlu datang ke kantor Polres atau Polri dan membawa berkas yang dibutuhkan.

Semoga informasi mengenai contoh surat SKCK dan manfaatnya diatas dapat menambah pengetahuan Anda. Terutama yang hendak membuatnya dalam waktu dekat.

Drajad