Cerita Fabel : Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Dalam pelajaran bahasa indonesia dibangku sekolah maka materi cerita fabel ini sendiri akan tidak asing pasti akan kalian temukan.

Dimana ini adalah sebuah karya sastra berupa fiksi. Sedangkang arti cerita fabel secara harfiah adalah sebuah cerita fiksi yang lengkap sekali dari penokohan, alur cerita, seting, latar, waktu yang dalam pemerannya dimainkan oleh hewan atau binatang dengan menyerupai watak dan sifat manusia.

Cerita fabel sendiri gampang dikenali dengan mengetahui struktur, dan ciri cirinya serta pada bagian akhir cerita fabel sendiri akan biasa terdapat sebuah pesan moral kepada pembacanya untuk selalu berbuat kebaikan.

Dalam menulis fabel ada hal hal yang pokok menjadi panduan dasar seperti struktur penulisan, kemudian ada unsur cerita dan yang lainya.

Nah untuk menambah pengetahuan kalian mengenai fabel, maka jangan lupa juga pelajari jenis jenis fabel ini.

Jenis jenis Cerita Fabel

Ada 4 pembagian jenis cerita fabel ini yuk langsung saja kita bahas satu persatu.

Yang pertama adalah fabel berdasarkan latar dan watak

Dimana nanti fabel yang pertama ini sendiri akan terbagi menjadi dua jenis lagi antara lain:

  1. Fabel Alami

Fabel alami adalah sebuah cerita fabel yang menggambarkan penggunaan watak asli yang sama dengan karakternya.

Contohnya : gambaran sebuah hewan ayam dengan kakinya yang kuat, kemudian ada tajinya untuk yang jantan, kemudian gambaran hewan kuda yang jelas seperti larinya yang kencang lengkap dengan karakternya seperti burung yang penyanyang dll.

Kemudian hewan buas seperti serigala, buaya semuanya digambarkan sama seperti watak aslinya inilah yang dinamakan dengan fabel alami.

  1. Fabel Adaptasi

Kemudian ada yang namanya fabel adaptasi. Secara sederhana ini kebalikan dari fabel alami. Dimana karakter yang diciptakan tidak sama dengan yang aslinya.

Misalakan se ekor siput yang menantang kuda balapan kemudian bisa dimenangkan oleh si siput dengan mudah. Nah dalam sebuah cerita fabel ada yang seperti ini dan ini bagian dari fabel adapatasi.

Fabel Berdasarkan Isi Cerita

Terbagi menjadi :

  1. Fabel Romantika
  2. Fabel Tragedi.
  3. Fabel Jenaka
  4. Fabel Heroik

Berdasarkan Asal Fabel

Terbagi menjadi:

  1. Fabel Lokal
  2. Fabel Nusantara
  3. Fabel Internasional

Fabel Berdasar Kemunculan Amanat

Terbagi menjadi:

  1. Fabel Koda
  2. Fabel Non Koda

Deolinda