Cemilan Khas Surabaya Yang Wajib Jadi Oleh-oleh 

Berlibur ke Surabaya? Janganlah lupa bawa pulang oleh-olehan ciri khas Surabaya yang modern, bertahan lama dan harga dapat dijangkau.

Norma berkunjung sebuah wilayah yang baru, pasti kita tentu ingin bawa makanan arau barang ciri khas dari wilayah itu.

Sama seperti saat berkunjung Surabaya, lokasi yang jadi tujuan beberapa pelancong dan pelaku bisnis. Untuk kamu yang ingin berkunjung Surabaya, sudah mengetahui oleh-olehan ciri khas Surabaya ? Berikut cemilan khas Surabaya yang wajib jadi oleh-oleh dilansir dari mpotimes, simak ya1!

Cemilan Khas Surabaya Yang Wajib Jadi Oleh-oleh

1. Spikoe Resep Kuno
Bila ingin nikmati oleh-oleh berbentuk kulineran ciri khas Surabaya, Spikoe Resep Kuno menjadi opsi yang terbaik. Spikoe ialah sebauh kue lapis, yang pembikinannya memakai resep kuno. Hingga rasa dari kue lapis ini pasti berlainan dengan kue lapis yang lain, cita-rasanya juga tak pernah berbeda dari awal kue ini dibikin. Kamu dapat berkunjung toko Spikoe ini pada Jalan Rungkut Madya No. 41, Kota Surabaya.

2. Almond Krispi Cheese
Bila kamu cari oleh – oleh yang hits, Almond Krispi Cheese ialah jawabnya. Rasanya yang gurih, renyah, dan enteng, jadikan makanan ini benar-benar cocok untuk temani situasi hangat dengan keluarga. Sama dengan namanya, bahan khusus dari produk ini ialah keju dan kacang almond.

Selainnya rasa keju, oleh-olehan Surabaya ini mempunyai variasi rasa yang lain. Beberapa variasinya seperti Cokelat, Green Tea, Blueberry, Durian, dan Strawberry. Design packagingnya yang memikat, memberinya kesan-kesan eksklusif dan classy. Kamu dapat mendapati camilan ini di sejumlah toko oleh-olehan Surabaya, pada harga sekitaran Rp 45 ribu rupiah saja.

3. Siropen Telasih
Siropen Telasih adalah sirup ciri khas Surabaya, yang dibuat oleh JC Van Drongelen. Beliau ialah seorang masyarakat Belanda asli, yang membuat sirup ini di tahun 1923. Pabrik sirup Siropen juga jadi pabrik sirup pertama kali yang berada di Indonesia, tentu saja selainnya rasanya yang unik sirup ini juga mempunyai nilai riwayat yang tinggi.

Sampai sekarang ini, pembikinan sirup Seropen masih memakai tenaga konservatif. Namun proses pemasakannya sekarang sudah memakai gas, sebelumnya setelah memakai kayu bakar. Kamu dapat menemui Sirup Seropen Telasih ini, di pusat oleh-olehan Surabaya seperti Toko Oleh Oleh Panen Raya.

4. Guna-Guna Makanan ringan
Bila disaksikan dari namanya, makanan ringan ini cukup unik dan membuat kita ingin tahu. Tidak boleh cemas, tidak berarti jajan Buat – Buat Makanan ringan ialah hasil mantra, tapi jajan ini ialah keripik dengan bahan dasar singkong dan kentang. Variasi rasa yang dipunyai oleh Guna-Guna Makanan ringan, benar-benar pas dan ditanggung dicintai oleh pada anak muda. Harga satu paketannya, dibanderol mulai Rp 20 ribu rupiah.

5. Abon Sapi Padmosusastro
Bicara mengenai kulineran di Surabaya, memang tidak pernah ada selesainya. Banyak sekali kulineran yang berada di Kota Pahlawan ini, membuat kita ingin mengantarnya pulang menjadi oleh-olehan. Untuk pencinta abon, kamu dapat pilih Abon Sai Padmosusastro menjadi cindera mata yang dibawa pulang ke kota asal. Abon ini terdiri dari 2 variasi rasa, yakni rasa manis dan pedas.

6. Sambal Cuk
“Sambal Anak Negeri, Kebanggan Jawa Timur untuk Indonesia”, itu tagline dari Sambal Cuk Surabaya. Sesuai taglinennya, Sambal Cuk memang tawarkan variasi Sambal Nusantara yang biasa disukai oleh warga Jawa Timur. Beberapa variasi dari oleh-olehan ciri khas dari Surabaya ini ibarat sambal bawang, korek bebek Madura, udang ebi, ikan asin klotok, sampai sambal matah Bali.

7. Pohong Tata
Pohong tata atau Ketela Pohon, menjadi satu diantara oleh-olehan Surabaya yang mempunyai cita-rasa renyah dan nikmat. Bukan hanya direbus dan dimasak saja, Pohon Tata diproses dengan dibakar lebih dulu. Kemudian pohong bakar akan diberi parutan keju dan dibuntel dengan unik dan menarik, dengan warna ungu dan gambar anak kecil di muka paket. Biasanya, Pohong Tata kerap dijajakan di beberapa toko dekat sama tempat pariwisata.

8. Kue Lapis Surabaya
Kue Lapis kelihatannya mulai jadi kue yang disukai warga, baik itu masyarakat milenial atau angkatan orangtua kita. Kue Lapis Surabaya mempunyai cita-rasa yang manis,dan empuk. Beberapa masyarakat lebih suka mengatakan dengan kue Bolu Surabaya, tetapi kue lapis ini lebih empuk dibanding kue bolu. Kue Lapis Surabaya ini benar-benar pas untuk jadi oleh-olehan, dengan beragam variasi rasa dan topping.

9. Kue Mente
Bila kamu ingin memberinya oleh-olehan dari mereka yang menyenangi kacang mete, Kue Mente ini sangat recommended. Kue Mente ialah kue enteng, yang memiliki tekstur lembut dan halus bila dibanding dengan camilan yang lain. Kue ciri khas Surabaya ini dibuntel dalam paket kotak dengan logo ikan hiu dan buaya, ikon ciri khas Kota Pahlawan.

10. Suoklat
Biasa disebutkan dengan Soklat, ialah panggilan cokelat yang disampaikan dengan bahasa Jawa Surabaya. Produk ini ialah sebuah cokelat yang dilelehkan, dan didalamya berisi kacang mete dan kurma. Bila kamu ingin bawa Suoklat ini, kamu dapat berkunjung langsung alamat produksinya di Jalan Gubeng Kertajaya VIIC Surabaya.

11. Kaos Cak Cuk
Selainnya oleh-olehan yang berupa makanan atau jajan, Surabaya mempunyai oleh-olehan ciri khas berupa kaos. Bila Jogja mempunyai Dagdu Jogja, karena itu Surabaya mempunyai kaos Cakcuk Surabaya. Design kaos yang dibuat ini, dapat disebut cukup nakal dan bonek-able. Memakai bahasa suroboyoan, membuat kaos Cak Cuk cukup menyinggung dalam telinga warga.

12. Kue Bikang Peneleh
Kue Bikang ialah jajan basah yang menyebar nyaris di semua daerah Indonesia, tidak kecuali Surabaya. Di Kota Pahlawan ini, Kue Bikang Peneleh ialah bikang yang terpopuler. Sampai sekarang ini kue Bikang masih jadi makanan favorite masyarakat Surabaya, hingga tidak salah untuk mengantarnya jadi oleh-olehan.

13. Fruit Cake Glory
Glory Cake ialah merek roti yang menjadi legenda di Surabaya, toko ini tawarkan beragam jenis roti rasa buah-buahan. Memadankan roti dengan beragam potongan buah, membuat sanggup menarik pecinta warga. Apa lagi, Fruit Cake Glory ini memiliki kandungan banyak nutrisi didalamnya. Bila kamu ingin pilihnya menjadi oleh-oleh, cukup keluarkan uang sekitaran RP 60 ribu sampai Rp 75 ribu rupiah saja.

14. Rambak Sapi
Sapi memang sebuah hewan yang kaya faedahnya, bukan hanya dagingnya saja tetapi kulitnya juga dapat diproses dan jadi camilan. Salah satunya olahan kulit sapi ialah krupuk rambak, camilan yang lumayan disukai semua tipe kelompok. Krupuk rambak mempunyai rasa yang renyah dan memiliki tekstur gurih, sesudah dibuka juga krupuk rambak sapi ini bisa bertahan sampai setahun.

Dengan periode ketahanan yang lama itu, tidaklah aneh bila Rambak Sapi benar-benar pas untuk jadi oleh-olehan. Untuk makin menjaga kegurihan dari krupuk rambak, taruh dalam lokasi yang kedap udara. Selainnya dibikin camilan, Rambak Sapi ini pas untuk jadi makanan pedamping beberapa makanan. Makanan yang pas seperti sate, bubur, atau makanan yang disajikan dengan nasi hangat.

15. Vallens Cake
Satu kembali olahan kue ciri khas Surabaya, yang pas untuk buah tanganmu. Vallens Cake ialah sebuah kue yang mempunyai variasi khusus Surabaya, yakni tiramisu dan cokelat keju. Dengan potongan kue yang halus, ditambahkan cream manis di tengah-tengah kue sanggup mengikat lidah untuk selalu mencicipinya. Satu kotak kue Vallens Cake, dibandrol pada harga sekitaran Rp 50 ribu rupiah.

16. Belinjo Udang
Sebagian orang akan menyebutkan oleh-olehan ciri khas Surabaya ini bernama melinjo, yakni semacam tanaman yang kerap dibuat jadi emping. Belinjo Udang atau Blidang tidak mempunyai rasa pahit, karena melinjo yang dipakai sudah digabung dengan udang asli dan rempah-rempah opsi. Bila biasanya emping mempunyai rasa pahit, karena itu Blidang malah mempunyai rasa manis.

Selainnya rasa manis, Blidang mempunyai variasi rasa yang lain dicintai warga. Variasi rasa yang lain seperti pedas manis, udang pedas, dan udang Balado. Mempunyai rasa yang cocok di lidah Indonesia, membuat Belinjo Udang benar-benar pas untuk jadi oleh-oleh ke kota asalmu. Untuk membeli kamu langsung bisa berkunjung pusat produksinya, yakni di wilayah Bibis Tama Tandes Surabaya.

17. Keripik Buah Kane-Kane
Satu kembali kerupuk atau kripik oleh-olehan ciri khas kota Surabaya, yakni Keripik Buah Kane-Kane. Material dasar untuk membikin keripik ini ialah beragam buah-buahan fresh, seperti apel sampai nangka. Untuk paketannya, akan dibedakan sesuai rasa keripik. Tetapi kamu dapat beli tipe Mix, di mana di dalam paket akan berisi beragam jenis variasi keripik. Produk ini lebih banyak dicintai oleh warga, pada harga sekitar Rp 17 ribu ingga Rp 70 ribu rupiah.

Keripik Buah Kane-Kane ini, jadi oleh-oleh yang kerap diputuskan oleh beberapa pelancong. Selainnya sederhana, bila pilih tipe Mix karena itu kita dapat memberinya beragam jenis variasi pada sebuah produk. Rasanya yang renyah dan unik buah, membuat Keripik Buah Kane-Kane banyak dicintai oleh warga.

18. Krupuk Ikan Kenjeran
Menyaksikan hasil laut yang banyak dari Pantai Kenjeran, membuat warga juga memakainya jadi sebuah kreasi yang bisa dicicipi bersama. Salah satunya hasil kreatifitanya ialah, krupuk dengan bahan seafood. Bila kamu melalui Pantai Kenjeran, dari jarak yang jauh saja telah tercium wewangian ciri khas krupuk ikan ini.

Krupuk ikan ini menjadi oleh-olehan ciri khas dari Surabaya, yang renyah dan nikmat. Krupuk ini dipasarkan dalam dua tipe, yakni siap makan dan mentah. Bila kamu ingin mengolahnya sendiri, karena itu beli krupuk tipe mentah ialah opsi terbaik. Harga dari Ikan Kenjeran ini juga lumayan murah, yakni cuman sekitar Rp 15 ribu rupiah saja. Kamu dapat beli Krupuk Ikan Kenjeran ini di sejumlah toko oleh-olehan Surabaya, atau langsung ke arah sekitaran Pantai Kenjeran.

19. Jenang dan Sirup Mangrove
Oleh-olehan Surabaya yang paling akhir ialah, jenang dan Sirup Mangrove. Bila umumnya kamu mendapati pohon mangrove cuman jadi tempat wisata menarik, ini kali kamu dapat nikmati olahan Mangrove jadi jenang dan sirup. Jenang mangrove warna cokelat, dengan struktur kenyal dan rasa yang legit. Sedang untuk sirupnya mempunyai rasa unik, yakni asam manis. Sirup Mangrove ini benar-benar cocok, dijasikan sebagai kombinasi minuman dingin.

Surabaya adalah kota paling besar di Indonesia, yang jadi tujuan beberapa pelancong dan pebisis. Berkunjung kota pahlawan, pasti tidak komplet bila tidak bawa oleh-olehan ciri khas dari Surabaya. Kamu dapat memperoleh produk ciri khas Surabaya itu di toko oleh-olehan seperti Pasar Turi, Panen Raya, Dupak Grosir, Pasar Genteng Baru, dan Pasar Atom Surabaya.

wahyuhidayat