Cegah Osteoporosis pada Lansia dengan Susu Nutren Optimum

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang menghantui orang tua dimana tulang akan memiliki lubang halus sehingga kurang kuat. Penyakit ini terjadi ketika tulang mengalami kehilangan mineral seperti kalsium lebih cepat daripada metabolisme tubuh untuk menggantinya. Susu Nutren Optimum punya kalsium tinggi yang mampu membantu mencegah osteoporosis.

 

Osteoporosis dan Perkembangan Tulang

 

Tulang adalah salah penyokong tubuh yang terbentuk dari sel spesial yang kemudian mengeras dan menjadi kompak. Seperti bagian tubuh lainnya, ketika mengalami kerusakan atau patah, tulang akan terus diperbarui dengan sel-sel baru. Pada masa anak-anak hingga remaja, tubuh akan fokus pada pertumbuhan tulang hingga mencapai puncak pada saat mencapai usia 30 tahun.

Pada pria dan wanita, kekuatan tulang sangat dipengaruhi oleh hormone seksual seperti estrogen dan juga testosterone. Saat menua, wanita akan mengalami menopause sehingga terjadi pengeroposan tulang dan penurunan berat badan. Osteoporosis akan menyebabkan fraktur pada tulang belakang sehingga terjadi kehilangan tinggi badan serta rasa sakit luar biasa.

Sebenarnya, osteoporosis tidak menyebabkan rasa sakit tetapi hanya melemahkan tulang dan memudahkannya mengalami patah. Resiko penyakit ini lebih tinggi pada wanita tetapi pria juga berpotensi mengalami hal ini ketika mulai masuk usia tua. Cobalah untuk mengkonsumsi susu Nutren Optimum supaya tubuh bisa mengganti kalsium yang hilang pada tulang.

 

Kejadian yang Berpotensi Menyebabkan Osteoporosis

 

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan osteoporosis dan beberapa di antaranya tidak bisa diubah seperti misalnya menjadi wanita. Ketika seseorang tidak mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah cukup, resiko osteoporosis juga akan meningkat. Seseorang yang mengkonsumsi alkohol lebih dari batas wajar serta merokok lebih tinggi terkena osteoporosis.

Kafein ternyata juga bisa menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis, tetapi hanya terjadi ketika konsumsinya lebih dari tiga gelas. Ketika menjadi tua, aktivitas fisik menjadi berkurang karena berbagai faktor dan hal ini bisa juga menyebabkan pengeroposan tulang. Konsumsi beberapa obat dalam jangka panjang bisa juga menyebabkan pengeroposan tulang ini.

 

Cara Mencegah Osteoporosis

 

Ada beberapa cara dalam mengatasi dan mencegah osteoporosis tetapi hal ini perlu dilakukan sejak masih muda. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan yang sehat seperti memasukkan buah, sayur, dan biji-bijian dalam menu makan. Selain itu, konsumsi bahan makanan tinggi kalsium juga perlu dilakukan agar tubuh bisa mengganti sel yang hilang.

Pola hidup sehat yang baik juga akan membantu mencegah seseorang mengalami osteoporosis ke depannya. Cobalah untuk berhenti merokok, membatasi alkohol, serta membatasi konsumsi kafein supaya tubuh tidak kesulitan mengeluarkan zat toxic yang masuk. Terakhir, jangan lupa untuk terus melakukan olahraga dan aktivitas fisik supaya kekuatan tulang bisa terjaga.

Sebenarnya ada satu lagi nutrisi yang diperlukan tubuh untuk mencegah osteoporosis yaitu vitamin D. Jika merasa kesulitan untuk mengatur bahan makanan untuk kesehatan tulang, konsumsi susu Nutren Optimum dengan nutrisi lengkap adalah jawabannya.

hary