Cara Perawatan Furniture Kayu Jati

Cara Perawatan Furniture Kayu Jati – Saat ini lebih banyak orang pilih furniture untuk tempat tinggalnya dari kayu jati, argumennya karena furniture jati mempunyai nilai seni yang tinggi dan dari sisi kualitas lebih tahan lama. Di lain sisi, mebel jepara mendatangkan situasi alam yang sejuk ke ruang rumah. Tetapi, untuk jaga keelokan dan keunggulannya, harus disertai dengan sebuah perawatan yang benar dan baik. Seharusnya kerjakan perawatan Mebel kayu jati ini yang sudah kami kumpulkan berikut ini.

Membersihkan Secara Teratur Dari Debu Dan Kotoran
Perawatan apa yang perlu jadi perhatian untuk furniture kayu jati? Ya, Anda tinggal mengelap permukaan meja kayu, lap furniture kayu secara rata dengan kain halus seperti kain microfiber. Ini dilaksanakan supaya mereka masih tetap kelihatan elok dan selalu kelihatan baru.

Janganlah lupa untuk memerhatikan ukir-pahatannya. Pakai sikat kecil dan alat pencuci yang lain untuk hilangkan kotoran dan debu setiap permukaan. Furniture kayu jati harus dibikin bersih minimum dalam satu minggu sekali dan satu bulan sekali dengan semir (polish).

Pakai Cairan Pencuci Khusus
Masih berkaitan dengan bersihkan furniture kayu jati. Seharusnya kerjakan pengelapan memakai sebuah cairan pencuci khusus untuk mebel seperti gadai atau kit supaya warna mebel lebih terbangun. Triknya dengan menyemprotkankannya pada permukaan sebuah furniture kayu atau di antara yang susah dicapai.

Selanjutnya dapat dibikin bersih memakai kain bola dan diamkan kering. Jauhi cairan pencuci yang memiliki kandungan pelarut seperti metanol, toluena dan aseton. Masalahnya ke-3 bahan kimia itu bisa menghancurkan susunan furniture pada kayu jati.

Poles Mebel Kayu Dengan Minyak Jati
Sebagian orang menyenangi furniture kayu karena mempunyai warna yang unik dan tawarkan nuansa hangat pada ruang rumah. Tetapi, warna alami kayu jati pada furniture Jepara akan menghilang seiring waktu berjalan. Dan minyak yang terdapat di dalam kayu jati tidak selama-lamanya berkilau. Oleh karenanya perlu dilaksanakan refinishing pada mebel kayu jati.

Furniture bisa dipoles memakai minyak jati alami. Gosok perlahan-lahan dengan kain halus, lalu diamkan sampai kering. Kerjakan satu pemolesan tiap dua sampai 3 tahun sekali supaya kelihatan masih tetap mengkilat, menarik serta lebih unik.

Taruh Di Ruangan Kering Pada Temperatur Normal
Walau furniture kayu jati dikenali tahan cuaca, tetapi bila furniture kayu jati terserang temperatur panas tiap hari, berwarna jadi lusuh dan tidak bersinar kembali. Dan bila furniture kayu jati ditempatkan di ruang yang dingin, bisa mengakibatkan susunan kayu alami proses oksidasi bisa lebih cepat jadi berjamur.

Ujungnya furniture jati akan hancur. Oleh karenanya, apa saja furniture yang ada di rumah, harus ditempatkan di ruang yang bersih dengan temperatur normal. Jauhi furniture jati dari cahaya matahari langsung.

Rawat Mebel Jati Dengan Baik
Bila Anda ingin mengalihkan status furniture kayu jati, alihkan dengan berhati-hati. Janganlah lekas mengalihkannya ke lantai, karena tindakan geser ini akan menghancurkan furniture kayu. Langkah mengalihkan mebel kayu jati yang paling benar dan baik dengan mengusungnya, bukan menarik sandarannya.

Bila almari yang hendak dipindah, karena itu mengeluarkan dahulu didalamnya selanjutnya alihkan. Dan untuk jaga permukaan furniture kayu jati dari guratan, seharusnya tambah taplak meja di atasnya. Saat ada di sofa, siapkan busa sebagai tempat duduknya. Dengan sedikit memerhatikan furniture kayu jati, tentu dapat bertahan semakin lama.

Begitu pembahasan mengenai Langkah Perawatan Mebel Kayu Jati mudah-mudahan berguna.

ahmadsarony