Cara Merawat Lantai Vinyl

Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh lantai vinyl bukan berarti Anda bisa menggunakannya tanpa ada usaha perawatan sama sekali. Hal ini berhubungan dengan tingkat keawetannya sehingga harus dirawat secara baik. Lantas apa saja langkah mudah dalam hal merawat lantai vinyl.

Cara Merawat Lantai Vinyl

3 Cara Merawat Lantai Vinyl

Sebenarnya cara merawat lantai vinyl pun tidak sulit bahkan sangat mudah jika Anda bandingkan dengan jenis lainnya. Mengingat bahwa perawatannya cukup gampang justru dianggap sepele bagi sebagian orang sehingga membuat daya tahannya berkurang.

  1. Membersihkan secara Rutin

Sama halnya seperti lantai vinyl rumah sakit yang selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan, Anda pun juga harus membersihkannya secara teratur. Pasalnya beberapa jenis kotoran seperti debu, pasir dan material lainnya akan membuat adanya penumpukan dan akhirnya mengendap.

Endapan ini secara tidak langsung akan membuat permukaan lantai menjadi terlihat kusam dan kurang sedap saat dipandang. Anda bisa membersihkannya hanya dengan menyapu atau menggunakan vacuum cleaner.

  1. Mengepel Lantai Vinyl

Tidak hanya menyapu saja melainkan juga mengharuskan Anda untuk mengepel lantai vinyl ini. Jangan lupa untuk membelikan bahan pel khusus vinyl agar lebih aman saat penggunaannya. Biasanya banyak menggunakan zat berupa MPC.

Cairan MPC ini merupakan jenis pembersih serbagua yang memang efektif untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Anda bisa mencampurkannya ke air baru kemudian dapat menempelnya secara langsung.

  1. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Beberapa kondisi memang menunjukkan bahwa kotoran yang menempel sangat susah untuk dihilangkan. Anda bisa mencoba menggunakan baking soda ataupun cuka sebagai bahan alternatifnya jika ingin menghilangkan permukaan kusam

Baking soda akan efektif untuk membersihkan dan juga mencegah datangnya warna kusam. Sementara cairan cuka mampu mengembalikan kulit mengkilap dan cerah hanya untuk dipel di atas lantai vinyl.

Anda bisa menerapkan ketiga cara di atas sebagai langkah merawat lantai vinyl. Sebenarnya metode perawatannya terbilang sangat mudah namun sering dilupakan sehingga berpengaruh pada tingkat keawetannya. Setidaknya kebersihannya selalu terjaga untuk menghindari kusam dan tampilan kotor.

doni