Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Tradisional

Body Serum untuk Sehari-hari – Jika pada tulisan sebelumnya saya berbagi tips terapi muka untuk awet muda, pada artikel kali ini saya tertarik untuk membahas perawatan kulit secara alami memanfaatkan metode tradisional–yang saya rasa sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, membuatnya terlihat lebih cantik dan bercahaya, serta untuk membuat kulit jadi lebih kencang, kenyal, dan awet muda. Karena ini adalah impian setiap wanita, tidak terkecuali saya.

Sejak zaman dahulu, ada berbagai metode yang diterapkan oleh wanita Indonesia untuk merawat kulit mereka agar tetap sehat, halus, lembut, dan segar bercahaya.

Sayangnya, di era modern ini, banyak wanita yang tidak sempat melanjutkan tradisi meracik ramuan tradisional untuk merawat kulit tersebut. Selain karena tidak punya waktu, banyak wanita modern menganggap ramuan tradisional terlalu kuno untuk mereka terapkan.

Padahal, bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya sudah terbukti bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit tanpa efek samping berbahaya.

Jika dibandingkan dengan berbagai produk perawatan modern yang berharga mahal dan banyak dijual di toko-toko, produk alami jauh lebih aman untuk digunakan.

Faktanya, sebagus apapun produk perawatan kulit yang dikemas dengan berbagai bentuk menarik tersebut, ternyata di dalamnya mengandung bahan-bahan yang justru berbahaya bagi kulit apabila digunakan dalam jangka panjang. Sebut saja bahan kimia, pewarna buatan, parfum, pengawet, hingga stabilisator, yang akan dengan mudah meresap melalui pori-pori kulit dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Berbagai resiko yang bisa ditimbulkan oleh produk kosmetik modern di atas menggugah saya untuk berbagi 21 cara merawat kulit secara alami dan tradisional yang akan saya tulis di bawah ini, yang pasti akan sangat bermanfaat untuk mengurangi ketergantungan pada produk-produk kosmetik yang selama ini Anda gunakan.

Dewasa ini, membeli berbagai produk perawatan kulit bisa bikin kita pusing dan bingung karena banyaknya pilihan yang tersedia. Mulai dari sabun pencuci muka, lotion, hingga paket scrub, yang macam dan jenisnya sangat beragam. Jumlah pilihan perawatan kulit yang beragam dan bermacam-macam tersebut seringkali berpotensi membuat kita salah memilih kosmetik.

Sayangnya, salah memilih kosmetik tidak hanya menyebabkan masalah kulit dalam jangka pendek, melainkan, bisa juga menyebabkan masalah kulit dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Nah, agar resiko-resiko tersebut bisa diminimalisir Anda bisa mencoba 21 tips merawat kulit menggunakan bahan natural yang diolah dengan cara tradisional berikut ini.

1. Minum air putih minimal 2 liter per hari

Cara terbaik merawat kulit yang pertama adalah dengan rajin minum air putih, minimal 2 liter per hari. Jumlah tersebut harus di luar asupan cairan yang berasal dari sayur maupun buah-buahan. Mengapa kita membutuhkan air begitu banyak setiap hari?

Seperti organ-organ lain di dalam tubuh kita, kulit terbuat dari sel-sel yang membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan air, kelembaban kulit akan terjaga, air akan membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit, bisa membantu kulit jadi lebih awet muda; bisa membantu mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, garis-garis halus atau keriput, dan eksim; membantu mengeliminasi racun dari kulit dan dalam tubuh, serta membantu meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan.

2. Berolahraga secara rutin minimal 5 hari dalam seminggu

Banyak orang meyakini bahwa olahraga hanya berdampak positif pada kesehatan tubuh saja. Seperti kesehatan organ dalam, mulai dari jantung, paru-paru, hingga membantu meminimalisir penyakit dan meningkatkan imun tubuh. Padahal rajin bergerak atau berolahraga merupakan salah satu kunci kulit yang sehat.

Deric