Cara Merawat dan Membersihkan Mesin Kopi Espresso agar Tetap Awet

Sama halnya dengan mesin-mesin pada umumnya, mesin kopi espresso juga membutuhkan perawatan secara rutin agar berfungsi secara optimal dan menghasilkan cita rasa kopi yang tetap stabil. Nah, berikut ini beberapa cara merawat dan membersihkan mesin kopi agar tetap awet.

Cuci Komponen Mesin

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum mencuci mesin kopi adalah bongkar mesin kopi sesuai dengan instruksi yang ada pada kotak kemasan mesin kopi. Cuci komponen-komponen yang sudah dilepas seperti saringan, keranjang saringan dan teko dengan menggunakan sabun piring dan bilas menggunakan air hangat.

Setelah Anda selesai mencuci mesin kopi, lap alat-alat yang baru saja dicuci, jangan biarkan digantung di rak tanpa di lap. Pastikan Anda mengeringkan semua komponen dengan lap yang bersih agar komponen-komponen tersebut tidak berjamur.

Bersihkan Group Head

Bersihkan portafilter setiap hari di pagi hari. Caranya sangat mudah, tuangkan satu sendok teh baking soda atau pembersih khusus ke dalam portafilter, kemudian pasangkan portafilter ke dalam group head. Lalu, aktifkan mesin kira-kira selama 10 detik, hentikan mesin beberapa detik kemudian aktifkan kembali.

Lakukan cara ini beberapa kali. Lepaskan portafilter kemudian cuci bersih dan pasang kembali, aktifkan mesin selama 10 detik. Namun, perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa dilakukan jika mesin Anda dilengkapi dengan electric valve 3 arah yang memungkinkan backflushing

Bersihkan Nozzle Uap atau Steam Wand

Bagian ini harus selalu dibersihkan setiap saat. Jika Anda membuat steam susu dan busa susu sudah terbentuk, maka Anda harus langsung mengelap steam wand dengan kain yang lembap dan bersih. Pastikan Anda menggunakan satu kain khusus untuk membersihkan steam wand, jangan gunakan kain ini untuk membersihkan komponen lain karena akan menyebabkan rusaknya lubang semburan uap.

Perhatikan Kualitas Air

Kualitas air yang buruk ternyata dapat menyebabkan rusaknya mesin kopi espresso. Maka dari itu, gunakan air yang sudah disaring atau diolah agar kualitas mesin kopi tetap terjaga. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tingkat kekerasan air. Pastikan Anda selalu melakukan tes air sebelum digunakan untuk membersihkan mesin kopi.

Bersihkan Grinder dan Drip Tip

Sebelum Anda mengganti tipe kopi, jangan lupa untuk mematikan bagian penggilingan kemudian keluarkan semua kopi dalam ruang penggilingan. Anda bisa menggunakan alat vakum untuk menyedot bubuk kopi yang tersisa atau dengan menggunakan kuas kecil.

Selain grinder, bersihkan bagian drip tip karena bagian ini biasanya tersisa bekas-bekas tetesan dari bubuk kopi espresso. Maka dari itu, cuci dan keringkan alat ini sampai kering kemudian pasang kembali mesin espresso agar terlihat bersih dan tidak jorok.

Nah, itulah informasi mengenai bagaimana cara merawat dan membersihkan mesin kopi espresso. Dengan mesin yang bersih tentu saja akan menghasilkan rasa kopi yang lebih nikmat dan tidak menghilangkan cita rasa dari kopi itu sendiri. Dapatkan biji kopi berkualitas untuk kebutuhan Anda di Dolce Gusto.

hary