Cara Merawat Alat Musik Drumband yang Baik dan Benar

Cara Merawat Alat Musik Drumband yang Baik dan Benar_ Alat musik drumband merupakan alat musik yang yang terdiri dari bebebrapa komponen. Butuh perawatan yang lebih. Melihat harga peralatan ini yang tidak begitu murah alias mahal, diperlukan selalu perawatan. Alat drumband dalam kondisi prima didapatkan dari perawatan dan pemakaian yang baik dan benar. Alat-alat musik ini merupakan investasi jangka panjang, karena digunakan dari waktu ke waktu.

Agar investasi alat musik ini bisa digunakan lebih lama dan masih baik untuk digunakan, bahkan jika di instansi sekolah bisa diturunkan ke adik kelas nantinya maka perlu memperhatikan beberapa tips perawatan sebagai berikurut :

1. Cara Menyimpan yang Benar

Cara menyimpan yang benar alat drumband, pastikan alat dan tempat penyimpanan dalam keadan kering. Jika disimpan dalam keadan basah, baik alatnya atau tempatnya, maka akan menimbulkan jamur. Terutama pada baigian alat yang berlubang. Seperti terompet, sebelum disimpan baiknya dilap dulu dengan kain yang bersih dan kering. Atau bisa dengan diangin-anginkan. Pastikan dalam keadan aman, alat yang terbuat dari kayu, pastikan aman dari rayap. Simpan ditempat yang berfentilasi, tempat yang tinggi.

2. Rutin dalam Melakukan Stream

Seperti kendaran montor atau mobil walau jarang dipakai perlu dipanaskan tiap hari agar kondisi oli kendaran terjaga baik dan kondisi aki juga terga baik, peforma kendaraan terjaga kwalitasnya. Begitu juga dengan alat musik, diperlukan penyetreaman secara rutin, dengan tujuan supaya alat musik awet, jika suatu saat dipakai peforma alat terga juga kwalitas bunyinya. Pastikan alat musik yang terbuat dari kulit kondisinya selalu kencang, alat musik tiup pastikan kondisi lubang dan bagian dalam keadaan bersih. Cek suaranya juga.

3. Rutin dalam Membersihkan dan Perawatan

Setelah beberapa waktu alat musik disimpan, pasti ada debu yang menempelpada alat musik. Hal tersebut pelu dilakukan pembersihan secara rutin. Paling tidak seminggu sekali. Gunakan lap dani air yang tidak panas. Bersihkan snare drum dengan dilap kain kering, karena uap air, dan suhu yang berubah-ubah menjadi sebab karat pada besi pada bagian-bagian drum. Gunakan minyak pembersih anti karat pada bagian besi dan head membrane. Banyak tersedia di toko-toko alat musik.

Kecangkan bagian membran alat drumband. Pastikan setiap membran pada posisi yang tepat atau tidak, pastikan setiap membran ke dalam drum dalam kondisi yang sangat ketat, membrane tersebut jangan biarkan lunak. Gunakan kunci inggris khusus untuk mengencangkan gendang.

Jika ada alat musik drumband anda sudah tidak layak dan butuh pembaruan, carilah yang jual alat drumband terpercaya. Agar tidak kecewa dibelakang. Pemilihan alat yang tepat harus dilakukan agar nantinya bisa digunakan dalam waktu lama.

 

aganyoyo