4 Cara merawat Aki Mobil agar tahan lama

Cara merawat Aki Mobil

Salah satu komponen mobil yang harus diperhatikan dengan baik secara berkala adalah Aki. Karena, banyak hal dimobil bergantung pada elemen ini.

Klakson, AC, lampu dan lain sebagainya bergantung pada elemen ini.

Oleh karenanya, anda harus meluangkan waktu untuk merawatnya dengan baik agar tidak terjadi masalah saat anda berkendara.

Ketahui beban penggunaan

Perlu diketahui, hal yang paling umum membuat aki cepat rusak adalah beban penggnaannya. Dan anda harus mengeceknya secara berkala.

Baik dicek sendiri maunpu menggunakan Jasa dibengkel resmi.

Kalau mobil Honda anda masih baru, bisa mengeceknya langsung ke bengkel resmi didaerah anda. Biasanya cukup mengunjungi Dealer Mobil Honda terdekat, disana juga ada bengkelnya.

Bersihkan secara berkala

Agar kinerja Aki mobil anda tetap perform, maka ia harus dibersihkan secara berkala. Terutama bagian terminal yang seringkali tertutupi debu.

Jika terminal ini tertutupi debu, tentu saja akan menghambat kerja Aki Mobil.

Anda bisa membersihkan terminal ini menggunakan sikat kawat maupun sikat plastik. Biasanya setelah melakukan pembersihan, kinerja aki kembali normal.

Ini adalah cara kedua agar aki mobil anda tahan lama.

Panaskan Mobil

Ya. Memanaskan mobil secara berkala ternyata akan membantu agar aki mobil tahan lama sehingga lebih hemat budget perawatan mobil.

Aki mobil yang jarang dipanasi biasanya akan cepat rusak dan soak.
Oleh karenanya, kami menyarankan agar anda memanaskan mobil secara rutin setidaknya 5-10 menit sebelum dipakai pada pagi hari.

Cobalah praktekan, anda akan merasakan hasilnya.

Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Cara lain agar aki mobil anda awet dan tahan lama adalah dengan memastikan adanya ketersedian listrik dalam Aki Mobil.

Jika persediannya habis, maka anda akan mulai sulit dalam menghidupkannya.

Jika ini terjadi, coblah untuk mengisi ulang listrik agar kinerja aki mobil anda kembali normal dan mobil bisa digunakan seperti sediakala.

Melepaskan kabel Aki

Jika mobil anda diparkir dan tidak digunakan dalam jangka waktu yang panjang ,mungkin lebih dari 1 bulanan, lebih baik anda melepaskan kabel akinya.

Hal ini dilakukan agar aliran listrik tidak mengalir saat mobil tidak digunakan.

Jika digunakan terus, tentu saja listriknya akan habis dan membuat aki mobil menjadi soak dan tidak bisa dipakai lagi.

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan agar Aki mobil tetap awet dan tahan lama sehingga mengurangi biaya perawatan mobil anda.

Masalah ini cukup sering diabaikan oleh mereka yang baru pertama kali memiliki mobil karena belum tahu apa yang harus dilakukan untuk merawat mobil.

Akan tetapi jika anda membeli mobil pada sales mobil Daihatsu dan Honda, biasanya Sales Mobil Honda akan memberikan sedikit pengetahuan dasar pada kita.

Sekali lagi, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

Muchammat Kristanto