Cara Menjaga Asam Lambung Agar Tidak Naik

Asam lambung adalah salah satu zat yang bisa membantu proses pencernaan. Namun, kamu harus selalu menjaga kadar asam pada lambung agar tidak naik dan selalu stabil. Pelajari terlebih dahulu cara menjaga asam lambung agar kadar asam bisa tetap terjaga.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Apabila asam lambung naik kamu akan merasakan beberapa gejala seperti mual, nyeri pada ulu hati, rasa terbakar di dada, juga rasa asam di mulut. Sebelum gejala tersebut semakin parah, lebih baik anda mencegahnya dengan cara-cara berikut ini.

1. Tarik Nafas Dalam-dalam

Cara pertama yang bisa membantu mengurangi asam lambung naik adalah dengan menarik nafas secara dalam. Ketika kamu bernafas, kadar udara yang masuk bisa menguatkan otot yang ada di bawah tenggorokan sehingga dapat mencegah asam lambung naik.

2. Jangan Minum Kopi Berlebihan

Seperti yang kamu tahu kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan asam lambung dengan cukup cepat. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari konsumsi kopi atau kafein lain secara berlebihan atau ketika perut kosong.

3. Konsumsi Buah Pisang

Cara menjaga asam lambung berikutnya adalah dengan mengkonsumsi buah pisang yang mana bisa menjadi antasida alami untuk melindungi dinding perut sehingga lambung bisa terhindar dari iritasi.

4. Minum Air Putih yang Banyak

Asam lambung bisa dicegah jika pencernaanmu lancar. Itulah mengapa usus harus memiliki kadar pH yang seimbang untuk bekerja lebih cepat mengolah makanan. Nah, minum air putih yang banyak bisa membantu mencegah asam lambung dan dapat mencegah dehidrasi.

5. Mengunyah Permen Karet

Perlu kamu tahu bahwa mengunyah permen karet bisa merangsang laju pelepasan air liur yang mana dapat membersihkan asam lambung yang ada di dalam perut. Dengan begitu, kemungkinan asam lambung bisa naik ke tenggorokan juga akan semakin kecil.

6. Hindari Makan dengan Porsi Banyak

Bagi penderita asam lambung sangat dianjurkan untuk makan dengan porsi sedikit namun sering daripada makan sekali dua kali tapi dengan porsi besar. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan lambung dan mencegah asam lambung meningkat. Selain menggunakan cara di atas, penuhi juga nutrisi untuk

lambungmu serta konsumsi makanan penurun asam  lambung. Salah satunya dengan mengkonsumsi produk Nutriflakes, makanan sereal bubur dari pati umbi garut ini memiliki banyak nutrisi dan dapat menjadi terapi untuk berbagai penyakit, salah satunya lambung.

arief