Cara Mengumpulkan DP Rumah Paling Efektif

Ada dua hal yang perlu Anda waspadai saat membeli rumah, yaitu membeli rumah dengan uang tunai atau membeli rumah secara kredit. Langkah selanjutnya dalam membeli rumah secara kredit adalah menyiapkan uang muka atau uang muka rumah.

Ada beberapa cara menyiapkan DP untuk rumah ini. Salah satunya adalah menghemat uang. Dalam hal berapa banyak uang yang disimpan dan untuk berapa lama, tentu berbeda untuk gaji yang berbeda. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan tips efektif menabung uang muka di rumah, khususnya bagi Anda yang saat ini sedang membayar Rp 10 juta.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang tips, perlu diketahui bahwa sejak 2018 Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan peraturan untuk membeli rumah tanpa uang muka atau uang muka. Untuk tujuan informasional, aturan ini merupakan bagian dari pedoman BI untuk melonggarkan pembiayaan Loan-to-Value (LTV) dan Value-to-Value (FTV).

Dalam pelaksanaannya, Anda bisa dengan mudah menemukan pengembang yang menawarkan unit hunian tanpa harus membayar DP (DP 0). Ini, tentu saja, adalah pedoman populer bagi siapa pun yang ingin memiliki rumah. Sebab tanpa harus menyiapkan uang muka, siapa pun bisa membeli rumah dengan mengajukan KPR di bank.

Namun, ada kerugian untuk mengkredit rumah tanpa uang muka. Yang sangat jelas adalah jumlah cicilan yang lebih besar dari jumlah cicilan yang diberikan bank saat DP dibayarkan pertama kali. Selain itu, jika Anda memilih sistem hipotek tanpa deposit, durasi pembayaran cicilan biasanya lebih lama.

Kita juga melayani jual pintu segala jenis & segala desain, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut.

Kekurangan tersebut masih menjadikan sistem KPR dengan DP pilihan banyak orang. Karena dengan cara mencicil DP maka jumlah pokok hutang Anda tidak sama dengan harga rumah, melainkan sudah dipotong dari DP. Akibatnya, tingkat dan jangka waktu hipotek menjadi lebih pendek.

Jika Anda telah memutuskan untuk mengajukan hipotek prabayar di muka, lihat tips lengkap di bawah ini.

Cara efektif untuk menghemat uang muka rumah sebesar Rp10 juta

Seperti disebutkan di atas, perbedaan gaji atau total penghasilan berbeda dalam waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan DP. Namun, ini bukan satu-satunya aturan. Porsi gaji simpanan Anda dan harga rumah yang ingin Anda beli juga akan memengaruhi lamanya waktu.

Artinya, Anda yang berpenghasilan 10 juta rupee dan ingin menabung lebih banyak setiap bulan di DP pasti akan mendapatkan DP yang lebih cepat. Sebaliknya jika harga rumah yang Anda cari cukup tinggi maka waktu yang dibutuhkan untuk menghemat DP tentunya akan lebih lama.

Lalu apa solusinya? Jawabannya adalah Anda harus menabung secara efektif. Lihat langkah-langkah yang akan kami perkenalkan di artikel ini.

Namun, ada beberapa pedoman yang harus diperhatikan dan dipatuhi terlebih dahulu. Pastikan Anda tidak memiliki hutang baik itu hutang pinjaman online, hutang kartu kredit, hutang KTA, dan hutang lainnya.

Anda sedang mencari kusen pintu? bisa kunjungi tautan tersebut.

Kedua, pastikan bahwa pusat kas darurat Anda memiliki staf yang memadai. Menurut banyak penasihat keuangan, tindakan dana darurat yang ideal adalah biaya bulanan tiga bulan untuk individu, biaya bulanan enam bulan untuk mitra yang ada, dan sembilan hingga dua belas kali lipat bagi mereka yang sudah memiliki anak. Dana darurat ini berfungsi untuk keadaan darurat seperti sakit, kecelakaan atau kehilangan pekerjaan.

Ketiga, untuk melindungi tujuan finansial Anda, dalam hal ini saat membeli rumah sebaiknya mendapatkan asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan swasta. Karena siapapun bisa sakit dan bukan tidak mungkin mengeluarkan tabungan dan dana darurat ketika penyakit tersebut membutuhkan obat dan perawatan yang mahal.

  1. Hitung berapa DP rumah yang ingin dikumpulkan
  2. Menghemat uang
  3. Pengurangan komponen investasi untuk dana pensiun
  4. Dapatkan THR atau Bonus dan gunakan sebagian darinya dalam taruhan tabungan DP
  5. Melakukan pekerjaan atau bisnis sampingan

Jadilah kreatif dan lihat peluang yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penghasilan Anda. Jika Anda freelance atau memulai bisnis sampingan, pastikan Anda membayar uang muka untuk rumah Anda.

Pada dasarnya tidak ada kesuksesan tanpa banyak usaha. Seperti kata pepatah, dalam arung jeram, berenang di tepi sungai, hemat, kerja keras dan konsisten perlu mengumpulkan DP agar tercapai sesuai dengan tujuan.

Muchammat Kristanto