Cara Mengumpulkan Dana Pensiun Sejak Muda

Jangan berharap bahwa pinjaman online cepat cair cukup ktp bisa jadi modal untuk menghidupi kebutuhan di masa pensiun nanti. Namun, dengan adanya fintech lending tersebut sebenarnya bisa menjadi jalan untuk mempersiapkan dana pensiun di masa mendatang, contohnya dengan memulai membuka usaha sejak usia muda.

Ada beberapa instrumen yang menjadi pengukur berapa besar kebutuhan dana pensiun di kemudian hari. Salah satu yang paling krusial adalah usia, pendapatan saat ini serta jangka waktu pensiun yang diharapkan setelah usia pensiun.

Baik generasi milenial maupun generasi z yang sudah melek finansial bahkan kini berusaha untuk mengumpulkan dana pensiun sendiri dengan cara berusaha. Mereka rela bekerja keras hingga dapat mengumpulkan dana pensiun yang diharapkan.

Contoh kecil jika saat ini kebutuhan bulanan sekitar Rp5 juta, artinya dana tersebut pasti akan meningkat di masa usia pensiun karena inflasi yang meningkat dari tahun ke tahun. Belum lagi jika sudah berkeluarga dan beberapa tanggungan lainnya.

Paling tidak ketika pensiun memasuki usia 65 tahun dan harapan hidupnya selama 10 tahun, dana pensiun tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dengan periode yang diharapkan.

Nah, secara sederhana ada beberapa cara dalam mengumpulkan dana pensiun sejak usia muda. Berikut adalah ringkasannya.

Hitung berapa dana yang dibutuhkan saat usia pensiun

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda. Seperti halnya jika ingin menabung untuk liburan, kita perlu mengkalkulasi dulu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk akomodasi, transportasi dan juga konsumsi.

Begitu juga dengan menyiapkan dana pensiun. Berapa total biaya yang dibutuhkan saat pensiun baik untuk kebutuhan pokok, hiburan, proteksi dan mungkin saja dana liburan di masa pensiun untuk menikmati masa-masa tua.

Setelah tahu berapa besar dananya dan untuk jangka waktu berapa lama, maka kita sudah bisa mendapatkan perkiraan angka yang dibutuhkan. Sebut saja misalnya di masa pensiun membutuhkan dana sekitar Rp2 miliar.

Pilih instrumen yang aman dan anti inflasi

Bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan dan sudah berstatus tetap biasanya diikutsertakan dalam program DPLK atau dana pensiun karyawan. Meskipun besarannya tidak terlalu tinggi, tetapi paling tidak bisa menjadi tambahan untuk dana pensiun saat berhenti bekerja. Sisanya itulah yang tetap harus dipikirkan.

Selain program dana pensiun dari perusahaan asuransi, kamu juga bisa memilih beberapa instrumen investasi jangka panjang konvensional maupun yang kontemporer. Umumnya instrumen yang dipilih seperti logam mulia, reksa dana, saham hingga kavling atau properti.

Jika melihat kearifan lokal di daerah Jabodetabek, tidak sedikit orang yang membangun kontrakan untuk masa depannya. Dengan begitu, dana pensiun tetap akan dihasilkan dari biaya menyewakan kontrakan.

Mulai secara konsisten dan komitmen yang kuat

Mengumpulkan dana pensiun memang dibutuhkan konsistensi dan komitmen yang kuat. Beberapa pakar investasi dan miliuner bahkan ada yang rela menunda kenikmatan sementara demi potensi cuan yang lebih besar di masa mendatang.

Passive income bisa menjadi solusi

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa passive income bisa menjadi solusi untuk menyiapkan dana pensiun. Maka, jika kamu masih muda dan termasuk dalam jajaran generasi milenial atau gen Z bisa mencoba berbagai usaha yang mendatangkan passive income.

Persoalan klasik tentang kesulitan mendapatkan modal kini bisa diatasi dengan pinjaman online cepat cair cukup ktp dari fintech lending tepercaya seperti Kredivo. Kredivo bisa memberikan kredit limit untuk usaha hingga Rp30 juta bagi member premium.

Bunga Kredivo cukup terjangkau 2,6% per bulan dengan tenor 3,6 sampai dengan 12 bulan. Proses pendaftaran hanya 3 menit saja lewat aplikasi. Untuk persetujuan akan diproses dalam waktu kurang dari 24 jam. Kredivo tidak hanya menyediakan pinjaman tunai saja tetapi beberapa produknya bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti pembayaran aneka tagihan, pembelian barang secara kredit baik offline maupun online di lebih dari 1000+ merchant, serta pembelian tiket pesawat langsung dari aplikasi.

 

sartika