Cara Dan Tips mengecek Jenis-jenis Freon pada AC

Cara mengecek Jenis-jenis Freon pada AC kalian

kalian baru membeli AC? akan tetapi tidak tahu mengenai jenis freon yang digunakan oleh AC yang sudah kalian beli? Perlu kalian tahu bahwasannya wajib untuk mengetahui jenis freon AC yang dipakai olah AC pribadi kalian dirumah. kalian wajib tahu lebih dalam agar pada saat terjadi suatu masalah di freonnya, kalian bisa memberikan informasi dengan jelas mengenai jenis freon AC yang dipakai oleh pihak jasa service AC. Dan, berikut ini penjelasan tentang langkah bagaimana cara untuk mengetahui jenis freon AC di rumah kalian

Apabila kalian mengetahui informasi yang jelas, maka resiko kesalahan pengisian jenis freon AC akan berkurang. apabila ac kalian diisikan dengan jenis freon yang berbeda dari spesifikasi aslinya, ini merupakan kesalahan sangat fatal. AC kalian akan terjadi kerusakan yang parah. Dan tentunya dapat mengalami kejadian tidak diinginkan contohnya seperti ac tidak dingin seperti pada umumnya atau bisa saja ac mati total. Atau yang lebih buruknya lagi ac kalian mengalami ledakan di unit AC karena bercampurnya jenis freon yang tidak diperbolehkan.

maka dari itu kalian wajib untuk tahu jenis-jenis freon ac untuk mengurangi kesalahan-kesalahan fatal tersebut.

Beberapa jenis-jenis freon AC

Jenis freon AC pada umumnya memiliki beberapa jenis. akan tetapi pada dasarnya untuk AC rumahan hanya mempunyai 3 jenis freon yang berbeda-beda. Dan 3 jenis freon ac tersebut terbagi menjadi 2 bahan yang pertama berbahan cfc dan yang kedua hcfc.Dan kalian wajib tahu bahan dasar freon yang terbaru karena hemat energi dan lebih ramah lingkungan.

3 jenis-jenis freon AC rumahan

1. Freon R22

Yang pertama Type freon ini sudah tidak distribusikan di negara Indonesia pada tahun 2015. akan tetapi peredaran penjualan R22 masih saja banyak di jumpai di toko AC

2. Freon R410A

Yang kedua merupakan freon R410A, type yang satu ini umumnya banyak dipakai oleh ac yang mempunyai sistem inverter. tetapi ada juga ac non inverter yang memakai jenis freon R410A

3. Freon R32

Yang ke ke tiga freon R32, Regenerasi dari aturan pemerintah yang memakai kebijakan “Go Green” dimana seluruh produksi ac wajib ramah lingkungan dan mengurangi zat perusak ozon. Maka dari itu bahan-bahan ramah lingkungan sebelumnya adalah R410A di perbaharui menjadi R32.

Kunjungi juga :

Service AC Di Sekitar Cilandak Dan Banyak Jasa Lainnya

Cara mengecek Jenis Freon pada AC

1. pengecekan di nameplate unit ac

Nameplate biasanya tertulis di unit indoor dan unit outdoor. kalian dapat mengetahui jenis freon AC kalian yang terlihat pada nameplate tersebut. Pada umumnya disana tertulis Refrigrant; R410A, R32 atau R22.

2. pengecekan melewati dus AC

Kalian dapat tahu jenis freon AC kalian di dus unit AC. Ada bagusnya kalian menyimpan kotak/dus itu. umumnya di dalam dus tersebut juga terdapat buku petunjuk pemakaian dan kartu garansi dari produsen AC yang kalian beli. Ada baiknya kalian menyimpannya untuk kepentingan di masa mendatang.

3. pengecekan web resmi produsen AC

Kaliann juga dapat mengecek jenis freon AC kalian dengan pengecekan model ac kalian di web resmi merk ac kalian. Pada umumnya web resmi memperlihatkan documentasi dari setiap produk yang mereka jual. kalian dapat mencari type, dan model serie dari AC kalian.

zukiungu