Cara Cek Kecepatan Internet dengan CMD di Windows

Nah, selain menggunakan situs-situs di atas, kalian juga bisa mengecek kecepatan internet dengan menggunakan CMD. Hanya saja kalian tidak bisa secara detail mengetahui seberapa cepat download dan uploadnya, melainkan mengetahui latensi ping yang terjadi antara provider internet yang kalian gunakan dengan server yang kalian tuju.

Cara menggunakannya cukup mudah. Begini …

  • Buka CMD dengan menekan Windows + R, lalu tuliskan CMD, enter.
  • Ketika layar hitam muncul, ketikan ping google.com (artinya kalian mengecek latensi ping antara kalian dengan server google. Bisa diganti dengan situs lain, kok, bebas).
  • Akan muncul beberapa informasi. Yang paling penting adalah time. Semakin kecil yang didapat, itu berarti koneksi kalian jika mengakses server tersebut akan semakin cepat juga.

Cara Cek Kecepatan Internet di HP

Selain via PC dan laptop, kalian juga bisa mengecek kecepatan internet atau WiFi via aplikasi Android dan iOS yang tersedia gratis. Nah, berikut ini adalah aplikasi-aplikasinya, sumber referensi infoteknoterkini.com

 

1. Speedtest by Ookla

Aplikasi yang pertama adalah Speedtest by Ookla. Seperti yang kalian duga, ini adalah versi aplikasi dari situs speedtest.net yang sudah kami bahas sebelumnya di atas.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Ookla. Sampai artikel ini terbit, Speedtest by Ookla ini sudah didownload sebanyak 100 juta kali dengan rating 4,4/5 dari 1,2 juta pe-review.

Dengan aplikasi ini, kalian bisa mengecek kecepatan internet jaringan WiFi dan jaringan seluler yang sedang digunakan.

 

2. Meteor: Speed Test for 3G, 4G, Internet & WiFi

Seperti namanya, aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk menguji atau mengecek kecepatan internet jaringan 3G, 4G, internet, dan WiFi, meskipun sebetulnya aplikasi Speedtest by Ookla juga bisa.

 

Aplikasi ini dikembangkan oleh Opensignal.com dengan fitur utama yaitu pengecekan kecepatan internet, histori atau riwayat pengecekan, dan beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan internet.

Meteor sudah didownload sebanyak 5 juta kali dengan rating 4,7/5 dari 86 ribu pe-review.

 

3. SpeedTest Master

Dengan aplikasi SpeedTest Master, kalian bisa mengetes kecepatan download dan upload sekaligus dengan proses pengecekan yang relatif cepat.

Aplikasi ini juga akan menampilkan informasi latensi ping untuk mengetahui seberapa cepat dan stabil koneksi internet yang sedang digunakan. Tidak cukup sampai di situ, ada tools untuk mendiagnosa koneksi apabila ternyata hasil dari pengetesan muncul angka yang kecil alias lambat.

SpeedTest Master tersedia gratis di Play Store dengan total unduhan mencapai 10 juta download dan rating 4,9/5 dari 304 ribu pe-review. Sebuah capaian yang tidak bisa diabaikan. Juga sebagai bukti kalau aplikasi ini membuat banyak user puas; baik itu dengan fiturnya maupun dengan UI/UXnya.

 

4. WiFi Analyzer

Aplikasi keempat untuk mengetahui kecepatan internet yaitu WiFi Analyzer yang dikembangkan oleh Mushtrip Ltd.

Terlepas dari namanya, WiFi Analyzer tidak hanya diperuntukkan untuk mengecek kecepatan WiFi saja; melainkan kecepatan jaringan 3G, 4G, bahkan 5G sekalipun.

Informasi yang disajikan atau laporan pengetesan dari aplikasi ini pun terbilang cukup lengkap. Mulai dari kecepatan download, upload, dan latensi ping. Selain itu ada juga riwayat atau history pengecekan jika sewaktu-waktu kalian ingin membandingkan WiFi di rumah sendiri dengan WiFi rumah teman.

 

5. Internet Speed Test SPEEDCHECK

Aplikasi berikutnya ada Internet Speed Test SPEEDCHECK yang dikembangkan oleh Internet Speed Test, Etrality.

Jika kalian cukup heran dengan namanya yang panjang, itu karena mereka ingin menembak fungsional keyword yang memungkinkan user menemukan aplikasi ini ketika mereka mengetik ‘speed test’. Nama asli aplikasi ini hanya SpeedCheck.

Kami suka aplikasi ini karena selain menampilkan kecepatan download dan upload, Speedcheck juga menampilkan performa internet jika dipakai untuk buka email, browsing, gaming, streaming, videochat, dll.

Jadi kalian bisa sedikit menimbang-nimbang ketika ingin melakukan salah satu kegiatan tersebut, dengan menggunakan koneksi yang sedang dipakai.

 

6. FAST Speed Test

Ini adalah versi aplikasi dari fast.com yang sudah kami bahas di atas. Ternyata, aplikasi ini dikembangkan oleh Netflix.

Tapi sepertinya proyek aplikasi ini sudah terhenti karena jika dilihat dari informasi yang ada di Play Store, aplikasi ini terakhir kali diupdate pada tanggal 2 Oktober 2016. Hmmm.

 

7. Speed Check Light 5G / 4G LTE / WiFi

Terakhir ada Speed Check Light yang dengan gercep mengambil brand positioning sebagai pengetes kecepatan internet 5G. Aplikasi ini dikembangkan oleh V-Speed.eu yang sampai artikel ini diterbitkan sudah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 4,7/5 dari 54 ribu pengulas.

toha