Bikin Takjub, Ini Perkembangan Bayi 2 Bulan yang Lahir Normal

Perkembangan bayi 2 bulan bukanlah suatu hal yang pantas untuk disepelekan. Pada usia 2 bulan, bayi yang tadinya hanya tahu akan warna hitam dan putih, kini bayi akan mulai belajar mengenali macam macam warna lainnya. Tidak hanya itu, bayi yang sewaktu lahir hanya mampu mendengar suara yang samar samar, kini ia sudah mulai mampu mengenali suara orang orang yang di sekitarnya terutama ayah dan bundanya. Agar perkembangannya semakin maksimal, bunda sebaiknya memberikan stimulasi sesuai dengan usia si kecil. Pastinya, setiap bunda ingin bayinya tumbuh dengan sehat dan pintar bukan?

Penglihatan Bayi 2 Bulan

Setiap bulannya bayi akan menunjukkan perkembangan yang akan membuat bunda takjub. Hal itulah yang membuat sebagian bunda memilih merawat sendiri bayinya karena mereka tidak rela melewatkan moment perkembangan bayi setiap detiknya. Dilihat dari kemampuan si bayi usia dua bulan, si kecil sudah mulai tertarik dengan warna warna yang ada di sekitarnya. Jika pada awal kelahirannya di dunia, si kecil hanya paham akan warna hitam dan putih. Kini, saat usianya menginjak 2 bulan, bayi semakin tertarik dengan warna, terutama warna primer seperti merah, kuning, hijau dan biru.

Perkembangan bayi 2 bulan dilihat dari sisi penglihatannya juga tak hanya mulai mengenal warna. Bayi juga semakin tertarik dengan bentuk bentuk yang ada di sekelilingnya. Bentuk termasuk dengan wajah wajah orang yang sering berada di sekitarnya. Tak heran, jika pada awal usia 2 bulan, bayi akan suka mengamati wajah terutama wajah ayah dan bundanya. Dengan mengamati, bayi perlahan akan mengenali wajah. Lambat laun bayi akan terbiasa dan sudah mulai hafal siapa saja orang yang suka didekatnya.

Pendengaran Bayi 2 Bulan

Pada hari pertama kelahirannya di dunia, si kecil pastinya akan bingung dengan suara suara yang banyak terdengar. Tak heran, jika bayi langsung menangis setelah mereka keluar dari rahim ibunya. Tetapi, seiring berjalannya waktu, bayi sudah mulai beradaptasi dengan suara suara. Pada usia dua bulan, perkembangan pendengarannya terbilang sudah pesat. Bayi sudah mulai belajar mengenal suara suara orang yang sering didekatnya. Ketika mendengar suara tersebut, bayi langsung akan menoleh ke arah datangnya suara. Agar si kecil bisa memahaminya, tak ada salahnya jika bunda mengajaknya bercerita. Pastinya, lama kelamaan pendengaran si kecil akan semakin sempurna.

Kemampuan Bayi Usia 2 Bulan

Tidak hanya penglihatan dan pendengarannya saja yang semakin membuat bunda senang. Bayi usia 2 bulan juga menunjukkan kemampuannya. Bayi yang semula hanya bisa tidur terlentang, kini bayi sudah mulai memiringkan badannya. Bayi juga suka menolehkan kepala ke kiri dan ke kanan. Ada pula bayi usia 2 bulan yang sudah bisa menggulingkan badannya. Bahkan, ada juga yang mulai belajar tengkurap. Meski untuk posisi tengkurap yang sempurna, akan bayi lakukan mulai usia 3 bulanan. Tapi setidaknya, di usia 2 bulan ini, bayi sudah mulai belajar membalikkan badan dan mulai belajar menegakkan kepala sedikit demi sedikit.

Stimulasi Bayi 2 Bulan

Perkembangan bayi akan optimal apabila bunda mau memberikan stimulasi sesuai dengan usia bayi. Pada bayi usia 2 bulan, stimulasi dapat diberikan dengan cara memberikannya mainan yang berwarna cerah. Mainan mainan warna cerah akan membuat bay mudah mengenal warna selain hitam dan putih. Stimulasi lain yang bisa diberikan untuk merangsang penglihatan dan pendengarannya adalah dengan menirukan suara celotehan bayi, mengajak bayi berkomunikasi. Stimulasi seperti itu akan membuat bayi melihat ke arah mulut bunda dan akan berusaha menirukan suara bahkan mengenali suaranya. Itulah beberapa bentuk perkembangan bayi 2 bulan lengkap dengan stimulasi yang sebaiknya diberikan. Semoga bermanfaat!

hary