Belajar Anak Huruf Abjad

Jika saat ini Anda punya anak balita dan belum mulai diajarkan tentang huruf maupun angka sebaiknya segera lakukan pembelajaran tersebut. Belajar anak huruf abjad ataupun angka walaupun hanya satu sampai dua puluh saja, itu merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Belajar Anak Huruf Abjad

Metode Belajar Anak Huruf Abjad Praktis dan Mudah

Pada usia dibawah lima tahun anak sudah memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Untuk itu jangan sampai kesempatan ini sia-sia belaka. Sebaiknya gunakan metode pengajaran di bawah ini agar anak mampu menyerap ilmu tanpa harus ada drama rewel.

  1. Menamai Mainan yang Dimiliki

Sebenarnya untuk mengajarkan abjad atau alphabet kepada anak, Anda bisa mulai dari benda-benda disekitarnya saja. Seperti namanya sendiri, kemudian barang pribadinya. Ajak dia menamai semua mainan , menuliskannya menggunakan spidol pada bagian bawah atau sisi lain mainan

Dengan begitu ia mulai bisa melihat dan memanggilnya dengan sebutan itu setiap harinya. Anda bisa mendampinginya dalam menuliskan namamu di kertas karton atau media lain. Bisa sambil bernyanyi atau menciptakan lagu sendiri agar anak semakin terbiasa tanpa harus merasa dipaksa.

  1. Bermain Dengan Camilan

Pasti Anda sering menemukan camilan yang punya bentuk huruf, Anda bisa meletakkan biskuit tersebut dalam wadah kemudian mintalah si kecil untuk mengambilkan sesuai dengan namanya atau benda lain sesuai keinginan Anda. Dari situ  terlihat kemampuan anak sudah berjalan sejauh mana.

Selain itu Anda juga bisa menyusun sendiri biskuit tersebut kemudian meminta si kecil untuk melakukan pengejaan. Pakai kata-kata penuh santai namun tetap penuh dengan kasih sayang agar anak tetap merasa nyaman juga. Bukannya takut sampai akhirnya tidak mau belajar lagi.

  1. Main Rangkai Kata

Terakhir hampir sama dengan bermain bersama camilan. Bedanya adalah media yang digunakan, jadi disini dibutuhkan mainan edukasi anak dari produk lamphabet. Mintalah anak menyusun balok tersebut sesuai dengan kata atau sebuah kalimat sederhana.

Belajar anak huruf abjad tidak harus dilakukan sepanjang hari, cukup di waktu-waktu tertentu namun rutin dilakukan. Jangan terlalu memforsir kemampuan berfikir anak apalagi masih dibawah lima tahun. Beri ruang agar ia eksplorasi semaksimal mungkin.

doni