Bayi Kembung Dapat Diakibatkan Hal-hal yang Tidak Anda Sadari Ini

Bayi memang lucu, tapi mereka bisa sangat kotor. Itulah sebabnya saya tahu, sulit untuk mengetahui kapan bayi mengalami kembung. Bayi sering lupa memberi tahu kita bahwa mereka kembung, atau mereka bahkan mungkin tidak menyadari bahwa perut mereka bengkak. Tapi jangan khawatir! Ada cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kembung pada bayi Anda sehingga ia tidak perlu menderita lagi.

Bagian: Bayi Kembung Bisa Disebabkan oleh Hal-hal yang Tidak Anda Sadari

Anda mungkin berpikir bahwa bayi kembung disebabkan oleh gas. Meskipun ini adalah penyebab umum pembengkakan, namun ini bukan satu-satunya. Bayi juga bisa kembung karena makan terlalu banyak atau minum terlalu cepat, karena sistem pencernaan mereka belum sepenuhnya berkembang.

Selain makan berlebihan dan minum terlalu cepat, bayi mungkin merasa kenyang bahkan jika mereka belum makan cukup makanan. Jika anak Anda tidak mendapatkan cukup kalori atau protein dalam makanannya (atau jika dia sering muntah-muntah), maka dia mungkin memiliki perut kosong dan mulai makan lebih banyak dari biasanya untuk mencoba mengisi dirinya sendiri – tetapi ini hanya akan menyebabkan lebih banyak kembung!

Ketika bayi kembung, hal itu benar-benar mengganggu mereka, jadi penting untuk memahami mengapa mereka kembung dan berupaya mencegah kembung.

Bayi lebih mungkin mengalami kembung daripada orang dewasa. Kembung disebabkan oleh gas dan penumpukan cairan di usus. Bayi memiliki perut yang lebih kecil, yang berarti mereka tidak memiliki banyak ruang untuk makanan seperti kita. Hal ini dapat menyebabkan mereka mengalami kembung setelah makan atau minum terlalu banyak sekaligus. Mereka juga memiliki sistem pencernaan yang belum matang yang tidak bekerja sebaik ketika mereka beranjak dewasa, yang dapat menyebabkan kembung yang lebih sering dan intens pada bayi daripada orang dewasa.

Jika bayi Anda mengalami gejala-gejala ini, Anda harus segera menghubungi dokter anak Anda:

  • Meningkatnya kerewelan atau tangisan setelah makan
  • Perut kembung (bengkak) atau peningkatan lingkar perut melingkar (lebar di sekitar bagian tengahnya)
  • Diare dengan darah atau lendir

Baca juga artikel tentang minyak telon untuk pijat bayi

Kami berharap artikel ini telah membantu Anda lebih memahami apa yang menyebabkan gas pada bayi dan bagaimana cara mengatasinya. Ingat, penting untuk mengawasi kebiasaan makan bayi Anda sehingga Anda dapat mengidentifikasi apa yang memicu kembung mereka dan mencegahnya terjadi sebanyak mungkin.

 

roket