Bagaimana DNS dapat membantu dan membahayakan keamanan jaringan Anda? – TitanHQ

Domain Name System (DNS) dibentuk untuk memfasilitasi penggunaan Internet. Ini menerjemahkan nama domain ke dalam alamat IP, yang digunakan oleh perangkat jaringan. DNS memungkinkan Anda untuk menggunakan http://www.google.com alih-alih http://74.125.224.72/ untuk menjalankan pencarian.

Singkatnya, ini adalah layanan direktori utama Internet.

DNS telah ada sejak lama, dan semua komputer yang terhubung ke Internet bergantung padanya. Peretas sekarang menggunakannya untuk tujuan pengenalan internal dan eksternal, termasuk untuk mengalihkan lalu lintas dan membuat saluran komunikasi rahasia. Untungnya, jika Anda memantau server DNS Anda dan menerapkan pemindaian keamanan, banyak serangan penjahat cyber https://kangasep.com/jasa-backlink-pbn/ dapat dideteksi dan digagalkan. Apa itu DNS?

Singkatnya, DNS adalah sistem terdistribusi yang ditambatkan oleh server nama root. Di bawahnya adalah zona DNS yang dapat terdiri dari satu atau lebih domain (google.com, misalnya, adalah domain), yaitu, satu set server nama otoritatif ditugaskan ke setiap zona DNS.

Server Nama Otoritatif dapat berupa server master atau server budak. Server master menyimpan salinan asli catatan zona sementara server budak menyimpan salinan catatan master.

Server nama yang melayani diri sendiri memberikan respons aktual terhadap semua kueri DNS Anda seperti alamat IP server email atau alamat IP situs web. Namun, meskipun peran utamanya adalah untuk memberikan jawaban definitif untuk pertanyaan DNS, itu juga dapat memberikan jawaban yang telah di-cache oleh server nama domain lain. Yang mengatakan, itu hanya mengembalikan jawaban atas pertanyaan tentang nama domain yang telah diinstal dalam sistem konfigurasinya.

Seperti disebutkan di atas, ada dua jenis server nama otoritatif:Di satu sisi, ada server master yang juga disebut server nama utama. Jenis server ini menyimpan salinan asli dari semua catatan zona. Itu hanya dapat membuat perubahan pada catatan zona di server back-end.Di sisi lain, ada server slave atau server nama sekunder. Server budak adalah replika yang tepat dari server master. Perannya adalah untuk berbagi beban server DNS dan meningkatkan ketersediaan zona DNS jika terjadi kegagalan server master. Oleh karena itu, disarankan untuk memiliki setidaknya 2 server budak dan satu server master untuk setiap nama domain.

Perhatikan bahwa setiap server slave diperbarui melalui mekanisme khusus protokol DNS. Tantangan manajemen dns

Ada beberapa kelemahan keamanan dan tantangan arsitektur yang melekat dalam desain DNS asli untuk server nama eksternal.

Sebagian besar administrator sistem mengakui pentingnya server nama eksternal. Namun, kesalahan sesekali atau kesalahan konfigurasi tidak dapat dihindari, terutama karena kompleksitas mengelola sebagian besar server nama.

Hampir semua administrator sistem dari server nama “BIND” yang merupakan merek pilihan server nama eksternal telah membuat kesalahan. Mereka sering memperkenalkan kesalahan sintaks ke dalam file data zona. Ini adalah risiko kesalahan manusia yang sama.

Risiko kesalahan manusia yang sama juga tinggi ketika administrator sistem menggunakan solusi non-BIND, seperti yang berasal dari Microsoft. Namun, kesalahan sintaks dalam file data zona yang sering luput dari perhatian membuat server nama tidak dapat memuat zona itu. Ini akan memungkinkan peretas untuk memanen data lama.

Lebih buruk lagi, kesalahan sintaks dalam file konfigurasi server nama dapat mencegah server nama dimulai. Kerentanan Serangan

Banyak administrator sistem tidak mengambil tindakan pencegahan konfigurasi DNS mereka untuk menangani kueri rekursif yang berasal dari alamat IP internal, meskipun ini adalah operasi yang mudah dilakukan. Ini mungkin karena fakta karena mereka tidak tahu bagaimana melakukannya. Alasan lainnya adalah bahwa mereka sering tidak memahami implikasi dari meninggalkan server nama eksternal terbuka untuk permintaan rekursif.

Misalnya, kerentanan yang melekat dapat timbul ketika server nama memungkinkan permintaan rekursif dari alamat IP arbitrer. Pendekatan ini memungkinkan peretas untuk melakukan serangan keracunan cache di mana mereka dapat mengelabui server nama menjadi https://kangasep.com/ caching data palsu. Serangan paling terkenal dari jenis ini adalah yang dilakukan oleh Eugene Kashpureff yang meracuni cache Jasa Backlink PBN Murah ratusan server nama Internet, menyebabkan mereka mengarahkan pengguna yang mengakses www.intemic.net.

Alamat IP server web dikelola oleh organisasi bernama AlterNIC.

Sulit untuk melebih-lebihkan kerusakan yang dapat disebabkan oleh serangan DNS hari ini.  Seorang peretas dapat mengarahkan lalu lintas yang ditujukan untuk situs web, seperti bank, ke server web yang berisi replika konten situs dan mencuri kata sandi dan nomor akun. Peretas juga dapat menyedot lalu lintas yang ditujukan untuk pedagang online ke situs web yang sama. Dengan cara ini, mereka dapat menangkap nomor kartu kredit. Pembaruan yang sulit

Dengan “BIND” dan server nama Microsoft, memutakhirkan perangkat lunak ke versi baru tidaklah mudah. Upgrade melibatkan setidaknya men-download kode sumber baru, menyusunnya, dan mengujinya sebelum menginstalnya.

Dalam banyak kasus, ketidakcocokan dengan versi sebelumnya dari administrator sistem kekuatan perangkat lunak untuk mengubah konfigurasi atau data atau membaca data sensitif dari organisasi Anda.

Akibatnya, beberapa administrator sistem menunda tugas penting ini, bahkan jika versi baru tersedia. Memutakhirkan server nama saat versi baru dirilis

Penting untuk meningkatkan server nama, tetapi perlu diketahui bahwa ini dapat memiliki efek bencana.

Beberapa bulan setelah buffer overflow ditemukan dan ditambal dalam kode, virus yang disebut LiOn mengeksploitasi kerentanan DNS dalam upaya untuk menginfeksi ratusan server nama di Internet. Ini juga telah menginstal “rootkit” yang dapat digunakan oleh penulis virus – atau orang lain mana pun.

Penulis virus — atau siapa pun yang tahu cara kerjanya — dapat menggunakannya untuk mengakses akar inang yang terinfeksi. Para perompak bisa saja memodifikasi atau menghancurkan zona demiliterisasi; atau gunakan server nama untuk masuk ke jaringan Anda.

Bahkan saat ini, sangat mungkin bahwa masih ada server nama yang dikompromikan selama penyebaran LiOn, tanpa sepengetahuan administrator sistem. Serangan terkait DNS terbaru

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh EfficientIP dan IDC menyoroti frekuensi berbagai jenis serangan DNS dan biaya terkait selama pandemi Jasa SEO Murah COVID-19.La keamanan jaringan DNS dapat dikompromikan.

Di Inggris, kerusakan yang dihasilkan dari setiap serangan berkurang secara signifikan sebesar 27% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kerusakan yang tercatat pada tahun 2021 adalah € 596.083, sedangkan kerusakan pada tahun 2020 adalah sekitar € 819.024.

Bahkan, ini adalah penurunan terbesar secara global. Perusahaan-perusahaan Inggris yang berpartisipasi dalam survei melaporkan sekitar 5,78 serangan selama setahun terakhir, yang juga merupakan rata-rata terendah yang dilaporkan. Angka tertinggi adalah 7,74 di Kanada.

Dalam hal kerusakan regional yang disebabkan oleh serangan DNS, Eropa menderita rata-rata € 743.920 per serangan. Ini sedikit meningkat 3% dari tahun sebelumnya.

rumah