Bagaimana Aturan Konsumsi Makan Seimbang? Berikut Rekomendasinya

Disarankan dokter untuk menjalani pola hidup sehat? Seiring berjalannya waktu, pola hidup sehat mulai tersingkirkan dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dipicu oleh kemajuan teknologi yang membuat masyarakat minim bergerak hingga beredarnya makanan cepat saji yang mempermudah masyarakat dalam mengkonsumsi makanan. Pola makan tidak teratur, konsumsi makanan minim nutrisi dan kegiatan masyarakat yang minim gerakan membuat masyarakat akhirnya mengesampingkan pola hidup sehat.

Apa sebenarnya yang disebut sebagai pola hidup sehat? Pola hidup sehat merupakan pola hidup yang menunjang kesehatan masyarakat mulai dari konsumsi makanan hingga berbagai aktivitas yang mendukung kesehatan masyarakat tersebut. Konsumsi makanan gizi seimbang, menerapkan kebersihan, melakukan olahraga dan mencukupi kebutuhan tidur menjadi poin penting dalam menerapkan pola hidup sehat.

Konsumsi makanan gizi seimbang sering disalah artikan oleh masyarakat. Dimana pedoman konsumsi makanan gizi seimbang oleh masyarakat disalah artikan dengan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Pedoman konsumsi makan ini sudah kurang relevan dalam kehidupan masyarakat. Dimana makanan gizi seimbang yang relevan saat ini          dikonsumsi masyarakat adalah makanan sesuai dengan piring saji.

Konsumsi makanan gizi seimbang adalah konsumsi makanan yang mendukung nutrisi dan sesuai kebutuhan tubuh. Konsep makanan gizi seimbang dalam pola hidup sehat menurut piringku adalah mengonsumsi makanan yang mendukung kebutuhan nutrisi dengan takaran piring. Dimana kamu bisa mengonsumsi ragam komponen penunjang nutrisi tubuh sesuai takaran yang disarankan. Adapun takaran konsumsi makanan gizi seimbang adalah :

  • Ragam olahan kaya karbohidrat (nasi, umbi, mie, pasta dan roti) : ¼ porsi piring
  • Ragam olahan kaya protein dalam lauk (ikan, daging, udang, telur)  : ¼ porsi piring
  • Ragam sayur dan buah                                                                        : ½ porsi piring

Nah, ketiga komponen tersebut dibutuhkan tubuh dalam menunjang kebutuhan nutrisi harian tubuh. Setiap kali makan yakni 3 kali sehari, menu makanan tersebut dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Konsumsi ketiga jenis komponen dibutuhkan dalam sepiring nasi yang ditambahkan konsumsi air mineral 8 gelas sehari dan bisa diselingi konsumsi susu atau olaha jus tanpa gula 1 hingga 2 gelas saja per harinya.

Kamu bisa mengonsumsi makanan gizi seimbang namun harus memperhatikan waktu konsumsi makanan tersebut. Biasakan konsumsi sarapan sebelum jam 8 pagi, konsumsi makan siang sebelum jam 2 siang, dan konsumsi makan malam sebelum jam 8 malam. Dimana beragam jam makan tersebut akan membantu anda memiliki nutrisi yang baik dalam tubuh. Selain itu, makanan gizi seimbang juga akan membantu anda dalam memiliki berat yang ideal dan sistem pencernaan yang baik.

Tahukah kamu jika konsumsi makanan gizi seimbang akan memberikan mood yang baik? Nah, jika kamu tipe orang yang suka berubah suasana hati, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan gizi seimbang untuk mengatasi masalah tersebut. Terapkan juga pola hidup sehat, ya!

hary