Apa itu jaringan komputer? Definisi dan contoh

Setelah membeli komputer baru, Jasa Backlink PBN Murah kemungkinan hal pertama yang Anda lakukan adalah mencoba menghubungkannya ke Internet. Untuk melakukan ini, Anda akan membuat koneksi Jasa SEO Murah dengan router, yang menerima data dari Internet dan mengirimkannya ke komputer.

Tapi bukan itu saja, Anda mungkin juga ingin menghubungkan printer, ponsel cerdas Anda atau TV Anda ke router sehingga perangkat ini juga terhubung ke Internet. Anda akan memiliki jaringan beberapa perangkat melalui titik switching pusat dan dengan demikian menciptakan jaringan Anda sendiri.

Tapi apa sebenarnya artinya ini?Domain Internet Murah

Lebih dari sekedar domain!

Sesuaikan kehadiran online Anda dengan nama domain yang relevan.

24/7 SupportApa jaringan komputer?

Dalam teknologi informasi, jaringan didefinisikan oleh menghubungkan setidaknya dua sistem komputer melalui kabel atau nirkabel, melalui link radio. Jaringan yang paling dasar terdiri dari dua komputer yang dihubungkan oleh kabel. Kami juga berbicara https://kangasep.com/ dalam kasus jaringan peer-to-peer (P2P) atau dalam bahasa Prancis peer-to-peer. Jaringan semacam ini tidak memiliki hierarki: kedua peserta berada pada tingkat yang sama. Setiap komputer memiliki akses ke data yang lain dan mereka dapat berbagi sumber daya, seperti disk penyimpanan, program, atau periferal (printer, dll.).

Jaringan modern sedikit lebih kompleks secara umum dan memiliki lebih dari dua komputer. Untuk sistem dengan lebih dari sepuluh peserta, konfigurasi klien / server biasanya digunakan. Dalam model ini, komputer yang bertindak sebagai titik switching pusat (server) membuat sumber dayanya tersedia untuk peserta jaringan lain (klien).

Definisi: Jaringan komputer

Jaringan adalah pengelompokan dua atau lebih komputer atau perangkat elektronik lainnya yang memungkinkan pertukaran data dan berbagi sumber daya umum. Contoh jaringan: WLAN rumah

Home WLAN (wireless lan) adalah contoh yang baik dari jaringan klien / server kecil. Berbagai perangkat yang ada di rumah dihubungkan oleh tautan radio ke router, yang bertindak sebagai simpul pusat (server) di dalam rumah. Pada gilirannya, router kemudian terhubung ke jaringan yang jauh lebih besar: Internet.

Karena perangkat (klien) terhubung ke router, mereka dapat menggunakan sumber daya yang sama dengan server, yaitu Internet, karena mereka adalah bagian dari jaringan. Terlebih lagi, perangkat juga dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa perlu membuat tautan langsung setiap saat. Misalnya, komputer dapat mengirim pekerjaan cetak ke printer berkemampuan Wi-Fi tanpa perlu menghubungkan printer ke komputer.

Sebelum jaringan memegang dalam bentuk mereka saat ini, komunikasi antara komputer dan periferal rumit untuk sedikitnya. Komputer terhubung melalui kabel LAN. Sakelar jaringan mekanis diperlukan untuk menggunakan perangkat bersama-sama. Selain itu, karena keterbatasan fisik (panjang kabel) yang tersirat ini, komputer dan periferal selalu harus ditempatkan bersebelahan.

Jika Anda menginginkan koneksi yang sangat stabil, terlepas dari keuntungan praktis WLAN, lebih baik menggunakan koneksi kabel dengan router dan berbagai perangkat. Apa fungsi dan manfaat dari sebuah jaringan?

Fungsi utama dari jaringan adalah untuk menyediakan peserta dengan platform untuk pertukaran data dan penggunaan umum sumber daya. Fungsi ini sangat penting, sedemikian rupa sehingga hari ini akan sangat sulit untuk membayangkan kehidupan kita sehari-hari dan dunia kerja saat ini tanpa keberadaan jaringan.

Berikut adalah contoh konkretnya. Di kantor, setiap workstation memiliki komputer sendiri. Tanpa komputer jaringan, akan sangat rumit bagi tim untuk berkolaborasi dalam sebuah proyek, karena tidak akan ada ruang bersama untuk berbagi dan menyimpan dokumen dan informasi digital, dan kolaborator tidak akan dapat menggunakan program tertentu bersama-sama seperti biasanya.

Selain itu, di banyak kantor hanya ada satu atau beberapa printer, yang digunakan oleh semua orang. Tanpa jaringan, Anda harus menghubungkan setiap komputer ke printer, yang akan sangat membosankan. Jaringan secara cerdas memecahkan masalah ini, karena semua komputer terhubung ke printer melalui node pusat.

Keuntungan utama dari jaringan adalah:Berbagi dataBerbagi sumber dayaProgram terpusat dan manajemen dataPenyimpanan dan pencadangan data terpusatBerbagi daya komputasi dan kapasitas penyimpananAdministrasi izin dan tanggung jawab yang sederhanaBagaimana cara kerja jaringan?

Dalam jaringan klien / server klasik, ada titik switching pusat, server. Server terhubung ke perangkat lain, yang disebut klien. Koneksi dapat dihubungkan (LAN) atau nirkabel (WLAN).

Dalam jaringan rumah yang khas, router bertindak sebagai server. Ini terhubung ke Internet dan membuat sumber daya “Internet” tersedia untuk perangkat lain (komputer, smartphone, dll.). Router menyatukan semua perangkat, kabel dan nirkabel, dalam jaringan lokal. Arsitektur klien/server

Dalam jaringan dengan ukuran tertentu, misalnya di perusahaan, server paling sering adalah komputer pusat. Komputer ini tidak menjalankan aplikasi dan program biasa, https://kangasep.com/jasa-backlink-pbn/ tetapi perangkat lunak khusus dan layanan server. Server harus berjalan terus menerus, tidak seperti komputer lain (klien), yang dapat dimatikan.

Dalam jenis jaringan berbasis server ini, komunikasi antara server dan klien adalah sebagai berikut: klien pertama kali mengirimkan permintaan ke server. Permintaan memeriksa permintaan dan kemudian mengembalikan data yang diinginkan (Respons). Dalam model ini, selalu klien yang menghubungi server, tidak pernah sebaliknya. Protokol Jaringan

Protokol jaringan memastikan kelancaran komunikasi antara berbagai komponen jaringan. Mereka mengatur pertukaran data, menentukan bagaimana komunikasi dimulai dan diselesaikan, dan data apa yang ditransfer. Biasanya, ada beberapa protokol jaringan, yang masing-masing mengasumsikan sub-fungsi tertentu dan disusun secara hierarkis dalam lapisan. Alamat jaringan

Selain itu, perlu untuk memastikan alokasi pemancar dan penerima yang benar. Untuk tujuan ini, apa yang disebut alamat jaringan digunakan. Dalam jaringan, setiap komputer biasanya memiliki alamat IP yang secara unik mengidentifikasinya, seperti nomor telepon. Alamat IP internal ini hanya digunakan untuk komunikasi antara anggota jaringan lokal. Untuk berkomunikasi melalui Internet, alamat IP eksternal digunakan sebagai gantinya, yang secara otomatis ditetapkan oleh penyedia layanan Internet.

Perbedaan dibuat antara alamat IPv4 dan IPv6. Alamat IPv4 pernah menjadi norma, tetapi jumlahnya terbatas pada sekitar 4,3 miliar. Setelah ekspansi besar-besaran Internet, alamat IP tambahan harus segera ditemukan. Dengan pemikiran inilah standar IPv6 baru telah dikembangkan, yang akan memungkinkan hingga 3,4 x 1038 alamat, yaitu 340 sextillions, untuk ditugaskan. Jumlah yang seharusnya cukup untuk waktu yang lama.

Untuk detail lebih lanjut tentang IP dan pentingnya dalam jaringan komputer, baca artikel kami Apa itu IP?. Jenis jaringan apa yang ada?

Paling sering, jaringan dikategorikan ke dalam berbagai jenis jaringan sesuai dengan mode transmisi data dan jangkauannya. Mode transmisi

Mengenai mode transmisi, perbedaan dibuat antara jaringan kabel dan nirkabel. WLAN, yang didasarkan pada standar IEEE 802.11 (nama internasional: Wi-Fi), dan teknologi LTE, yang digunakan oleh ponsel dan smartphone, adalah contoh jaringan nirkabel. Jaringan kabel, seperti DSL, juga disebut “Internet berkecepatan tinggi”. Ruang lingkup

Drajad