8 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula bagi Kesehatan

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, jika Anda mengonsumsi kopi sebaiknya tidak menambahkan gula agar mendapatkan manfaat yang optimal. Nah, apa saja manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini!

  1. Membantu Membakar Lemak

Salah satu manfaat mengonsumsi kopi tanpa gula adalah untuk membakar lemak, sehingga akan mempercepat penurunan berat badan pada orang yang sedang melakukan diet. Metabolisme tubuh akan meningkat sebanyak 3-11 persen setelah mengonsumsi kopi. Namun, efek tersebut juga akan berkurang dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kopi tanpa gula juga bermanfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang sering mengakibatkan demensia. Bagi peminum kopi hitam tanpa gula, risiko terkena penyakit Alzheimer hanya 65%. Namun, tak hanya itu saja yang harus Anda lakukan, Anda juga harus menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat.

  1. Menyehatkan Organ Hati

Penyakit hati dan hepatitis dapat menyebabkan sirosis. Nah, jika Anda rutin mengonsumsi kopi maka risiko terkena penyakit hati yang berujung sirosis akan berkurang. Kopi tanpa gula bukan dimaksudkan untuk menggantikan fungsi obat, namun hanya untuk membantu mengurangi risikonya.

  1. Meningkatkan Stamina

Kopi mengandung kafein yang dapat membantu tubuh untuk menyimpan energi saat sedang berolahraga. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi kopi terlebih dahulu sebelum berolahraga. Jadi, saat olahraga Anda akan memiliki stamina yang stabil dan tidak mudah lelah.

  1. Memperpanjang Umur

Mengonsumsi kopi secara teratur 2 cangkir sehari hingga 4 cangkir sehari dapat mengurangi risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mengonsumsi kopi. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kopi setiap hari namun jangan berlebihan. Meskipun kopi memiliki rasa pahit, namun memiliki khasiat yang luar biasa

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Anda bisa mengonsummi kopi 30 menit sebelum berolahraga, maka kopi akan membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50%. Selain itu, kopi juga membantu membakar lemak di perut, merangsang sistem saraf yang memberi sinyal pada tubuh untuk memecah sel lemak.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan tekanan darah untuk semantara, namun tak perlu khawatir karena efek ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Anda bisa mengonsumsi 1 sampai 2 cangkir kopi setiap hari untuk mengurangi penyakit kardiovaskuler termasuk stroke, selain itu kopi juga membantu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Mengonsumsi kopi juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes di kemudian hari yang akan menyebabkan kerusakan organ dan penyakit jantung. Kopi dapat membantu mengendalikan diabetes dengan cara meningkatkan produksi insulin. Maka dari itu, orang yang jarang mengonsumsi kopi akan mengalami peningkatan risiko diabetes.

Kopi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namu, untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan Anda mengonsumsi kopi dengan dosis yang tepat dan tanpa gula. Anda bisa mengonsumsi kopi hitam pada pagi hari setelah sarapan atau sore hari.

hary