7 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Setelah Makan

Suka Makan Pasta? 5 Efek Buruk yang Menanti jika Makan Terlalu Banyak

Apa yang biasanya kamu lakukan setelah makan? Apakah langsung duduk santai atau yang paling parah tarik selimut dan tidur? Wah, kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang. Padahal, kebiasaan tersebut tidak sehat bagi tubuh, loh. Lantas, apa saja yang perlu dihindari? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Lupa Membaca Doa Setelah Makan

Siapa sangka kebiasaan sepele ini seharusnya tidak dilakukan? Kamu tetap harus membaca doa sebelum dan doa sesudah makan loh. Karena jika tidak maka makanan yang kamu konsumsi pasti tidak memberikan berkah apapun. Kamu tidak akan mendapatkan manfaat dari makanan tersebut. Jeleknya lagi, tidak akan ada sugesti positif setelah makan yang kamu dapatkan. Jadi, sebaiknya kamu selalu membiasakan dan mengingat hal ini.

2.  Minum Teh

Siapa sih yang tidak suka minum teh manis atau teh hangat ketika makan atau sesudah makan? Padahal, kebiasaan ini sangat tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan. Kamu harus tahu jika teh mengandung senyawa tannin. Senyawa ini yang nantinya menjadi penghambat untuk penyerapan zat besi atau penyerapan protein di dalam tubuh. Sehingga, tubuh akan sulit menerima mikro gizi tersebut. Alhasil kamu akan rentan terkena anemia jika sering dilakukan.

3.  Makan Buah

Siapa nih yang sangat suka ngemil buah setelah makan? Ini sangat dilarang sebenarnya loh. Sebab, jika selesai makan dan ditambah makan buah maka yang dilakukan lambung akan sangat extra. Padahal, lambung membutuhkan waktu untuk mencerna sari-sari makanan 1-2 jam lamanya. Jadi, sebaiknya makan buah sebelum makan agar tidak diare atau sakit perut.

4.  Mandi

Biasanya, banyak yang mandi setelah makan dengan alasan gerah. Sayangnya, aktivitas tersebut sangat tidak dianjurkan. Mandi setelah makan akan menurunkan suhu tubuh secara drastis. Bahkan sebelum mandi suhu tubuh juga turun akibat makan. Jadi volume darah juga akan menurun terutama di bagian lambung dan usus. Untuk itulah pencernaan akan terganggu.

5.  Tidur

Jangan langsung tidur setelah makan hanya karena alasan mengantuk. Memang, jika kamu makan terlalu banyak dan pastinya akan menyebabkan reaksi mengantuk setelah makan. Namun, sebaiknya duduk sejelan atau lanjut beraktivitas agar rasa mengantuk tidak semakin menjadi. Tidur setelah makan akan menyebabkan penurunan sistem pencernaan. Akibatnya? Tentu sari-sari makanan tidak terserap dengan baik.

6.  Merokok

Pada dasarnya, merokok memang tidak baik bagi kesehatan. Tapi, jika kamu merokok setelah makan maka resiko mendapatkan masalah kesehatan menjadi meningkat berkali-kali lipat. Jadi, jangan biasakan merokok setelah makan walaupun banyai trend yang melakukan hal tersebut. Sebab, para perokok menyatakan ada yang “kurang” jika tidak merokok setelah makan. Tetaplah untuk berusaha menghentikan kebiasaan merokok.

7.  Minum Air Putih

Minum air putih dianjurkan setidaknya 8 gelas per hari agar kebutuhan cairan terpenuhi. Namun, di waktu-waktu tertentu sebaiknya tidak minum air putih. Seperti sesaat sebelum makan apalagi dalam jumlah banyak. Sebab, air akan memberikan efek kenyang palsu dan kembung. Setidaknya minum segelas air putih 30 menit sebelum makan. Bahkan, dianjurkan agar kamu bisa membedakan mana rasa haus dan mana rasa lapar.

Demikianlah, daftar kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari ketika selesai makan. Jangan lupa juga untuk selalu membaca doa sebelum makan agar makanan yang kamu konsumsi memberikan keberkahan. Menghindari kebiasaan tersebut akan membuat kamu lebih sehat dan terhindar dari banyak penyakit.

 

sartika