6 Jenis Pipa Air

Harga Pipa PVC 2021, Berbagai Merek dan Ukuran Pipa PVC

Salah satu komponen yang seringkali digunakan untuk menyalurkan air dari sumber air ke bagian-bagian rumah yang membutuhkan air adalah pipa air. Pipa saluran air berfungsi bukan hanya untuk menyalurkan air bersih saja, melainkan juga berfungsi untuk menyalurkan air kotor atau limbah ke tempat pembuangan. Kini sudah tersedia beberapa jenis pipa yang bisa digunakan untuk aliran air di antaranya :

  • Pipa PVC

 

Kelebihan dari pipa PVC ini adalah ketahanan material dari asam alkali yang dapat mengikis lapisan pipa dalam jangka waktu lama, bersifat non-konduktor, anti karat, dan memiliki bobot yang jauh lebih ringan. 

 

Bukan hanya itu, proses pemasangan yang mudah tanpa harus dirakit terlebih dahulu menjadi salah satu kelebihan dari pipa PVC, terlebih jika anda berencana untuk melakukan proses pemasangan mandiri tanpa bantuan tukang. 

 

Perlu diketahui bahwa PVC ini merupakan salah satu jenis polimer plastik sintetis yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dengan 40 juta ton yang diproduksi setiap tahunnya. 

 

Yang menariknya, pipa PVC ini awet dan tahan lama yang biasanya bisa bertahan hingga 1-2 tahun sebelum dbutuhkan penggantian baru untuk menghindari pipa menjadi kaku yang rentan mengalami keretakan serta kebocoran. 

 

Untuk mendapatkan pipa PVC ini anda yang tinggal di sekitaran Bandung bisa membelinya di PT. Steel Pipe Industry of Indonesia, Tbk. Distributor pipa yang satu ini beralamat di Bizpark Commercial Estate, Jl. Kopo 455 Blok B1 No.26A, Cibaduyut, Bojongloa Kidul, Bandung City, West Java 40277. 

 

  • Pipa D

 

Pipa yang satu ini biasanya pipa jenis ini digunakan pada saluran air yang tidak membutuhkan tekanan yang tinggi. Salah satu penggunaan pipa jenis ini adalah instalasi kitchen sink dan wastafel. Jika pipa air AW memiliki tanda strip biru, sedangkan pada pipa D ditandai dengan strip merah di sepanjang pipa. 

 

  • Pipa Air SDR41

 

Pipa yang satu ini diperuntukkan saluran pembuangan limbah sehingga memiliki spesifikasi ketebalan yang baik. Dengan begitu, pipa ini dapat menyalurkan air limbah ke tempat pembuangan tanpa terjadi kebocoran.

 

  • Pipa uPVC

 

Pipa uPVC merupakan jenis pipa yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan karena tidak mengandung plasticizer. Pipa uPVC mempunyai ketahanan daya yang sangat baik sebagai saluran aira karena tahan pecah. Bukan hanya itu, dengan menggunakan pipa ini anda tidak usah khawatir lagi jika menempatkan pada halaman terbuka yang terpapar sinar matahari. Pasalnya, berkat adanya UV protection air yang mengalir melalui pipa ini tidak akan terkontaminasi oleh bahan pipa yang larut akibat paparan sinar matahari.

 

  • Pipa Galvanis

 

Pipa Galvanis merupakan pipa saluran air yang terbuat dari besi seng yang dilapisi baja. Pipa Galvanis ini juga merupakan salah satu pipa saluran air yang membutuhkan teknik tinggi saat proses pemasangan. Misalnya adalah pada proses pemotongan pipa yang harus akurat. Bukan hanya itu, dibutuhkan juga pengamanan pipa jika akan diinstalasi dalam tanah.

 

  • Pipa AW

Jenis pipa yang terakhir adalah pipa AW yang merupakan pipa saluran air yang terbuat dari bahan PVC. Pipa AW sangat ideal digunakan untuk saluran air yang membutuhkan tekanan tinggi. Adapun fungsi saluran air bertekanan tinggi adalah untuk mendistribusikan air ke bagian rumah lainnya. Sementara untuk membedakan jenis pipa Rucika AW dengan pipa PVC lainnya adalah adanya tanda strip biru pada pipa AW.

sartika