5 Cara Dalam Mengatasi Sakit Perut Melalui Konsumsi Makanan

Sakit perut merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Dimana penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah sistem pencernaan yang terganggu oleh konsumsi makanan. Rasa sakit ini membuat seseorang merasa kurang nyaman dalam melakukan berbagai kegiatan aktivitasnya. Rasa tidak nyaman karena sakit perut ternyata dapat diatasi oleh beberapa kegiatan loh.

Berikut ini merupakan cara mengatasi sakit perut yang dapat dilakukan menggunakan ragam konsumsi harian masyarakat :

  •         Mengonsumsi air putih

Cara untuk mengatasi sakit perut yang mudah dilakukan adalah dengan konsumsi air putih. Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh cenderung sukar untuk mencerna makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sehingga penting untuk menjaga cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih secara teratur dan sesuai dengan rekomendasi air yang diperlukan tubuh.

  •         Usahakan untuk tidak berbaring sementara waktu

Apabila anda mengalami sakit perut, direkomendasikan untuk tidak berbaring sementara waktu. Hal ini dikarenakan asam dalam sistem pencernaan akan naik yang menyebabkan rasa kurang nyaman pada tubuh. Cara yang benar untuk mengatasi sakit perut adalah dengan duduk sementara waktu ataupun berbaring dengan posisi 30o untuk mengatasi sakit perut tersebut.

  •         Mandi menggunakan air hangat

Salah satu cara mengatasi sakit perut adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Dimana cara ini mampu membuat otot perut menjadi lebih rileks sehingga mampu mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan. Anda bisa mandi dengan air hangat maupun kompres perut anda menggunakan air hangat selama 20 menit untuk mengatasi sakit perut tersebut.

  •         Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna

Bila anda sedang menderita sakit perut maka disarankan untuk mengonsumsi makanan mudah cerna. Hal ini dilakukan untuk mempermudah sistem pencernaan selama sakit perut berlangsung. Adapun makanan yang perlu dihindari untuk dikonsumsi selama sakit perut adalah makanan berminyak, makanan asin dan turunannya yang diawetkan. Konsumsi makanan mudah cerna seperti bubur mampu mengatasi sakit perut.

  •         Mengonsumsi air kelapa

Salah satu bahan makanan yang mampu mengatasi sakit perut adalah air kelapa. Dimana bahan makanan ini mengandung kalium dan magnesium yang tinggi sehingga mampu meredakan sakit perut, kejang otot hingga kram perut. Sehingga anda bisa mengonsumsi minuman ini untuk mengatasi sakit perut yang anda rasakan tersebut.

Lima poin diatas dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit perut lebih cepat. Bila anda mengalami kondisi sakit perut berkepanjangan ataupun merasa semakin memburuk, ada baiknya anda memeriksakan diri anda ke pusat kesehatan terdekat. Bisa jadi anda mengalami gangguan pencernaan yang menjadi symptoms penyakit lainnya. Dengan melakukan pemeriksaan maka kondisi anda cepat ditangani sehingga anda akan sembuh dengan cepat.

Dalam mencegah sakit perut, anda bisa mengonsumsi makanan yang aman dan bersih. Dimana hal tersebut membantu sistem pencernaan anda sehat dan bekerja tidak terlalu berat.

hary