3 Hal Yang Orang Tua Harus Persiapkan Untuk Menstruasi Pertama Pada Anak Perempuan

Menstruasi pertama  pada seorang anak perempuan adalah awal dari pertanda bahwa anak perempuan tersebut sudah masuk kedalam masa pubertas.

Siklus terjadinya menstruasi untuk pertama kalinya pada setiap anak perempuan sangat berbeda antara anak satu dengan yang lainya.

Ada yang menstruasi pertamanya datang lebih cepat dari umumnya yaitu usia 8-10 tahun, ada yang terjadi seperti pada umunya pada usia 11-12 tahun, ada pula yang sedikit terlambat mengalami menstruasi pertamanya karena terjadi pada umur 16-18 tahun.

Karena ini adalah mens pertamanya tentu pada hari pertama datanya haid, sanga anak yang masih berusia sangat muda sedikit banyak ia akan merasa terkejut, panik bahkan bingung.

Agar sang anak tidak merasa takut, panik dan lainnya, sebagai orang tua harus melakukan hal-hal berikut sebagai langkah antisipasi.

  1. Edukasi Sejak Usia Dini

Masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa berbicara seputar seks terhadap anak adalah sesuatu yang tabu, bahkan hal yang memang pasti dihadapi oleh setiap kaum hawa yaitu haid pun masih tetap saja di anggap tabu meski hal tersebut antara ibu dan anak perempuaannya. Apabila anda salah satu orang tua yang sedang membaca artikel ini untuk segera merubah pola pikir tersebut.

Ketika sejak dini anak sudah tau seputar haid maka akan semakin mudah sang anak untuk mempersiapkan diri untuk haid pertamanya.

Dengan pendampingan dari orang tua, anak tidak akan minder saat ia mendapat mens pertama lebih cepat atau lebih lambat dari teman-teman sepermainannya.

Pada umumnya setelah mengalami haid pertama, akan terdapat perubahan fisik pada anak perempuan mulai tumbuh kembangnya bagian dada dll.

Beberapa hal sepele tersebut kadang membuat sang anak panik ketika semuanya harus ia hadapi sendiri karena baru pertama kalinya.

  1. Beri Penjelasan

Anak perempuan saya pertama kali mendapatkan haid pertama terlihat sekali kalau di sangat panik. Mulai dari penanganannya agar tidak terjadi keputihan hingga mitos mitos menyesatkan dari lingkungan sekitar yang menyesatkan serta masih banyak lagi faktor lainya yang membuat panik saat haid pertama kali.

Oleh sebab itu sebagai orang itu harus bisa menjelaskan tentang siklus terjadinya haid, apa yang boleh serta tidak boleh dilakukan saat menstruasi baik dari segi agama dan kesehatan.

Anak juga perlu tau bahwa mana haid yang normal serta tidak normal. Jadi apabila terdapat ciri-ciri tidak baik saat proses menstruasi maka bisa ditangani secara baik sebelum terkena penyakit yang berbahaya seperti kanker karena tidak terdeteksi sejak dini.

  1. Beri Contoh Nyata

Tidak ada salahnya sebagai orang tua anda memberikan contoh bagaimana memilih pembalut yang sesuai dengan anak anda. Mengajarkannya bagaimana cara membersihkan, melepas dll

Meski terdengar sedikit merepotkan tapi ini sebenarnya salah hal yang dibutuhkan oleh seorang anak yang sedang memasuki masa puber

hary