RESEP TERBARU AYAM RICA-RICA KHAS DARI PULAU JAWA

                                 

Ayam rica-rica, siapa yang tak mengenal sajian kuliner khas kota manado yang satu ini, kelezatan yang ada pada ayam rica-rica memang sangat mengugah selera. Makanan yang menggunakan ayam sebagai bahan utama ini memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat domestik hingga luar daerah sulawesi utara dan sekitarnya. Maka dari itu tak heran banyak pengunjung yang datang dari luar daerah manado hanya untuk menikmati alam khas manado dan juga tak lupa salah satu makanan khas dari manado yang sudah melegenda yaitu ayam rica-rica. Racikan bumbu yang ada pada ayam rica-rica pun langsung dari tangan pribumi asli sulawesi utara tepatnya kota manado. Dan di jaman yang sudah maju seperti sekarang ini, ayam rica-rica sendiri bisa kalian temukan di berbebagi tempat maupun daerah di indonesia. Bahkan, ayam rica-rica sendiri saat ini sudah mengembang ke pulau jawa dan memiliki racikan serta resep khas dari pulau jawa. Penasaran, Bagaimana cara memasak dan membuat ayam rica-rica khas dari pulau jawa? berikut langkah serta cara membuat masakan ayam rica-rica khas pulau jawa.

–  Resep ayam rica-rica khas dari pulau jawa.

-Bahan:

1. Bahan pertama yang harus di siapkan adalah satu ekor ayam, atau bisa lebih sesuai porsi hidangan.

2. Bahan kedua yaitu daun salam.

3. Bahan ketiga yaitu serai geprek.

4. Lengkuas geprek.

5. Siapkan garam secukupnya.

6. Secukupnya penyedap rasa.

7. Dan bahan terakhir yang harus di siapkan untuk membuat ayam rica-rica khas dari pulau jawa adalah minyak goreng secukupnya.

Nah kalau bahan-bahan di atas sudah siap dan lengkap maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan rempah atau bumbu yang akan di pakai untuk memasak ayam rica-rica khas pulau jawa, dan berikut list bumbu-bumbu tersebut.

– Bumbu dan rempah ayam rica-rica khas pulau jawa:

1. Bumbu pertama untuk membuat ayam rica-rica khas pulau jawa adalah 5 siung bawang putih.

2. Bumbu kedua, 5 siung bawang merah.

3. Bumbu ketiga, 5 buah cabai merah segar atau bisa lebih sesuai selera.

4. Bumbu keempat, 15 buah cabai hijau.

5. Satu ruas kunyit geprek.

6. Secukupnya cengkeh bubuk sesuai ukuran.

7. Dan bumbu terakhir untuk membuat ayam rica-rica khas pulau jawa adalah, secukupnya ketumbar bubuk.

Nah langkah selanjutnya jika bahan dan bumbu diatas sudah siap semua dan lengkap, maka mulai lah untuk memasak berikut tatacara memasak ayam rica-rica khas pulau jawa.

– Cara memasak ayam rica-rica khas pulau jawa:

1. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah merebus ayam setengah matang dan jangan lupa oleskan garam dan tambahkan penyedap rasa.

2. Langkah kedua, haluskan bumbu-bumbu diatas dan jika sudah halus siapkan minyak goreng secukupnya kemudian tumis bumbu-bumbu tersebut sampai matang dan wangi.

3. Langkah ketiga, masukan ayam setengah matang sebelumnya kedalam penggorengan kemudian tambahkan kuah kaldu secukupnya, tunggu hingga ayam tersebut matang dan empuk langkah terakhir koresi rasa jika ada yang kurang.

4. Dan langkah terakhir adalah mengangkat gorengan ayam tersebut lalu ambil wadah atau piring, dan ayam rica-rica khas pulau jawa siap di santap.

Nah itu tadi resep ayam rica-rica khas dari pulau jawa besertapenjelasan dan ulasannya, apakah kamu tertarik mencobanyadirumah?.

Deolinda