Kenali, Ini 7 Jenis dan Harga Pipa Air dan Kegunaannya

Semakin baik kualitas pipa maka akan semakin tinggi pula harga pipa air yang ditawarkan. Hal ini sangat wajar di pasaran, mengingat pipa memang memiliki banyak pilihan bahan material yang beragam dengan berbagai keunggulan dan kekurangan. Di pasaran sendiri, ada banyak jenis pipa yang dapat ditemukan dengan kegunaannya yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, berikut ini beberapa jenis pipa air yang perlu Anda ketahui:

  1. Pipa Air PVC

Merupakan salah satu jenis yang paling populer, pipa air PVC adalah yang paling banyak digunakan di hunian karena keunggulannya. Mulai dari harga pipa air yang terjangkau, mudahnya penggunaan hingga sifatnya yang aman digunakan untuk saluran pipa air bersih maupun air buangan. Terbuat dari bahan polivinil klorida dan bebas kandungan zat berbahaya, pipa ini memiliki karakteristik yang antiapi dan licin sehingga tahan lama dan bebas dari masalah tersendat.

  • Pipa Air CPVC

Merupakan pengembangan dari pipa PVC dengan material yang jauh lebih tebal. Pipa air CPVC sangat direkomendasikan untuk instalasi saluran air panas dan air dingin karena kemampuannya yang tahan terhadap perubahan suhu. Di mana pipa ini dapat tahan terhadap suhu lebih dari 180 derajat celcius.

  • Pipa Air PVC-O

Masih merupakan pengembangan dari bahan PVC, jenis pipa air ini diproduksi menggunakan metode bi-axial sehingga lebih tipis dan lebih kuat dibandingkan jenis PVC biasa. Yang itu artinya, pipa PVC-O dapat lebih tahan lama.

  • Pipa Air HDPE

Terbuat dari bahan plastik non-toxic dengan elastisitas tinggi, pipa HDPE sangat aman digunakan mengalirkan air kebutuhan konsumsi rumah tangga. Memiliki karakteristik yang sangat kuat dan lentur, pipa rucika jenis HDPE cocok dipasang di lokasi dengan kontur tanah tidak stabil, curam atau rawan bencana.

  • Pipa Air PP-R

Terbuat dari bahan polypropylene random, jenis pipa ini memiliki karakter unik yang dapat mengalirkan air dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga akan cocok dipakai untuk kebutuhan sanitasi. Tidak hanya itu, pipa air PP-R juga memiliki sifat yang lentur, tahan gempa, antiabrasi dan berbobot ringan.

  • Pipa Air PEX

Jenis pipa ini bisa dipakai untuk saluran air panas dan air dingin serta instalasi hidrolik karena sifatnya yang tahan terhadap suhu ekstrim. Memiliki warna yang beragam, pipa air PEX bisa dibedakan untuk saluran air panas maupun dingin.

  • Pipa Air SDR-41

Adalah jenis pipa yang dikhususkan untuk pembuangan limbah, pipa air SDR-41 memiliki ketebalan yang maksimal dan berwarna coklat.

Itulah beberapa macam jenis pipa air yang perlu Anda kenali. Masing-masing jenisnya ini mempunyai karakter yang berbeda, dimana hal tersebut membuat harga pipa air dan fungsi setiap jenisnya pun menjadi berbeda-beda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *