Inilah Kelebihan Anda Menggunakan Atap Baja Ringan

Inilah kelebihan Anda menggunakan atap baja ringan untuk rumah atau pun properti lainnya. Dengan mengetahui kelebihan serta keuntungan dari menggunakan atap jenis ini, Anda dapat lebih tepat dalam memilih. Karena kini lebih banyak digunakan atap jenis ini pada rumah atau bangunan lainnya terutama di kota besar.

Jika dahulu umumnya atap rumah atau bangunan menggunakan genting dan balok kayu sebagai rangkanya, kini tidak lagi. Karena telah hadir sebuah terobosan dalam teknik bangunan yaitu penggunaan baja ringan. Sebuah rangka atap yang memiliki kekuatan dan kokoh untuk struktur bangunan, akan tetapi ringan. Atap baja ringan memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

  • Sifatnya tangguh atau liat, juga memiliki kekuatan tarik yang tinggi, akan tetapi ringan.
  • Kokoh, kuat, mutu tinggi.
  • Tahan terhadap karat.
  • Waktu pemasangan lebih singkat.
  • Tahan lebih lama karena tahan terhadap serangan rayap dan masih banyak lagi.

Dengan begitu banyak kelebihan yang dimilikinya, maka tak heran jika banyak yang memilih untuk menggunakannya. Bahkan pada bangunan yang memiliki luas bentangan yang cukup besar, rangka atap ini dapat menahan strukturnya. Ditambah lagi kekuatan yang seragam, karena diproduksi seragam di pabrik.

Atap baja ringan menjadi pilihan banyak orang terutama yang membutuhkan kecepatan dalam pemasangan. Di kota-kota besar kini hampir semua bangunan menggunakannya, baik rumah maupun perkantoran dan pabrik-pabrik besar. Apalagi untuk proyek pembangunan skala besar, waktu menjadi hal penting yang harus diperhitungkan.

Selain itu dengan menggunakan rangka baja, Anda tak perlu lagi melakukan finishing cat. Bahkan pada saat dibongkar, baja ringan ini masih memiliki nilai karena dapat dimanfaatkan kembali. Yang terpenting lagi, baja ringan ini lebih ramah lingkungan karena bisa didaur ulang apabila selesai pemakaian.

Ketahui juga kekurangan atap baja ringan, agar Anda lebih dapat memperhitungkannya.

Disaat Anda sedang dalam pembangunan sebuah rumah atau pun bangunan lainnya, pastilah harus memperhitungkan banyak hal. Mulai dari biaya, kekuatan juga keindahan, agar tak ada kekecewaan dikemudian hari. Termasuk kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan suatu material.

Termasuk saat Anda memilih untuk menggunakan rangka atap. Karena kini hampir disemua bangunan menggunakan baja ringan karena memiliki banyak kelebihan. Namun, sesungguhnya baja ringan pun memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui. Berikut ini beberapa kekurangan dari rangka baja ringan, yaitu:

  • Harga yang relatif masih mahal. Jika Anda membandingkan dengan menggunakan kayu, maka baja ringan jelas lebih mahal. Namun, dengan mulai langkanya kayu di pasaran, maka baja ringan menjadi lebih terjangkau dan ramah lingkungan. Apalagi untuk penggunaan jangka panjang, baja ringan dianggap lebih hemat.
  • Perlu perhitungan lebih teliti. Saat Anda memutuskan untuk menggunakan baja ringan, maka harus dihitung dengan sangat teliti. Jika terjadi kesalahan dalam perhitungan pada pemasangan, maka bagian atap lainnya dapat terkena akibatnya juga.
  • Kurang indah dilihat jika hendak mengekspos struktur atapnya. Anda yang menyukai estetika dan terbiasa mengekspos rangka kayu, hal ini tak akan berlaku pada baja ringan. Karena tak memiliki nilai keindahan, maka Anda perlu menutupnya dengan plafon untuk mendapatkan keindahan dari dalam ruangan.

Itulah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh atap baja ringan yang perlu Anda perhitungkan, sebelum memutuskan untuk memakainya. Walaupun lebih banyak kelebihan yang dimiliki, sehingga lebih banyak yang menggunakannya.

Deolinda