Ini Dia Jenis-jenis Bracket Pada Behel Gigi

Untuk kamu yang menggunakan kawat gigi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan bracket, bukan? Yap, bracket merupakan salah satu komponen pada kawat gigi yang dipasang pada permukaan gigi menggunakan lem khusus. Biasanya, bracket ini dipasang dengan sangat teliti dan diseimbangkan antara sisi kiri maupun kanan. Pemasangan bracket ini tentu sudah masuk dalam daftar harga pasang behel gigi, sehingga nantinya kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan saat memasangnya.

Bicara mengenai bracket, ada beberapa jenis bracket yang bisa dipasang di permukaan gigi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buccal Tube. Buccal Tube adalah salah satu jenis bracket yang biasa dipasang di gigi geraham besar atau moral. Ukuran dari bracket ini biasanya lebih besar dibanding dengan bracket yang dipasang pada gigi seri atau menyesuaikan dengan ukuran gigi geraham. Ciri dari jenis ini adalah memiliki pengait dan terdapat tube yang nantinya bisa dilalui oleh kawat gigi.
  2. O-ring/elastoremic ring. Selain itu, ada o-ring/elastoremic ring yang berfungsi untuk menahan kawat gigi pada slot bracket. O-ring ini terdiri dari banyak warna sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, menariknya jenis satu ini pun ada yang bening sehingga saat dipakai tidak akan terlihat. Meskipun begitu, sebaiknya gantilah o-ring ini setiap kali melakukan pemeriksaan ke dokter.
  3. Power chain/elastomeric chain. Bisa dikatakan, power chain ini terlihat seperti kumpulan o-ring yang saling disambungkan dan membentuk rantai. Jenis ini dipasang di sekeliling bracket dan di hook pada mini screw atau pada gigi taring. Sama halnya dengan o-ring, jenis satu ini pun terdiri dari banyak warna dan varian.
  4. Open-coil dan closed coil spring. Open-coil merupakan kawat melingkar yang diposisikan di antara dua bracket dan berfungsi untuk membuka ruangan di antara dua gigi sehingga bisa mendorongnya ke tempat yang diinginkan. Sedangkan, closed coil spring adalah kawat melingkar yang dikaitkan pada satu bracket dengan bracket lain.

Gimana? Apakah kamu sudah mengenal jenis-jenis bracket yang sudah dituliskan di atas? Nah, biasanya pemasangan bracket ini dikhususkan untuk kamu yang memasang kawat gigi konvensional, bukan yang clear aligner. Biasanya, metode clearaligner ini menggunakan cetakan berbentuk transparan dan salah satu brand yang memilikinya adalah Rata, The First Indonesian Clear Aligner. Metode yang ditawarkan oleh brand satu ini bisa membantu merapikan gigimu tanpa harus memasang bracket.

Deolinda