Ide Unik Packaging Makanan

Selain rasa yang enak bisnis makanan juga bisa berkembang jika memiliki packaging yang unik dan menarik. Sebab kebanyakan orang ketika membeli makanan untuk pertama kalinya yang dilihat adalah packagingnya. Seringkali packaging yang unik dapat memberikan daya tarik bagi pembeli meskipun mereka belum tahu dengan rasa makanan yang kita jual. Nah karena itu bentuk packaging ini sangat perlu kalian perhatikan ketika memulai bisnis makanan. Berikut adalah beberapa ide unik packaging makanan yang bisa memberikan inspirasi untuk kalian semua.

1.      Packaging yang berguna

Jika biasanya kemasanan makanan sering kali dibuang setelah makanannya habis maka sekarang sudah saatnya kalian mengembangkan bisnis kalian dengan cara membuat kemasan yang bisa berguna meski makanannya sudah habis.  Nah salah satu caranya bisa dengan membuat penutup makanan yang berguna dan tidak hanya sebagai penyangga makanan saja. Bagi kalian yang saat ini sedang atau akan mengembangkan bisnis selai maka ini bisa diterapkan. Buatlah tutup selai yang bisa digunakan untuk mengoleskan selai. Sehingga mempermudah konsumen kalian saat akan mengoleskan selai ke roti mereka

2.  Gunakan imajinasi untuk membuat packaging

Dalam membuat packaging makanan yang bagus dan unik kalian harus menggunakan imajinasi kalian. Nah coba realisasi kan imajinasi tersebut ke dalam packaging seperti packaging kuas cat berikut ini. Dalam packaging kuas cat ini terlihat penjualnya mencoba membuat bulu yang ada di kuas tersebut seolah sebuah kumis. Kemudian di bagian packaging lainnya penjual membuat gambar ilustrasi wajah pria dengan ekspresi yang bervariasi.  Bagian paling menarik nya juga adalah penjual mencoba memainkan warna kuas sehingga seolah setiap gambar memiliki warna kumis yang berbeda. Bentuk packaging seperti ini tentunya akan langka dan menarik untuk dibeli.

3. Gunakan gambar yang kreatif

Salah satu cara ide menarik lainnya yang bisa kalian tuangkan dalam packaging makanan adalah dengan memberikan gambar-gambar yang kreatif dan lucu. Jika saat ini kamu tengah mencoba bisnis biscuit maka bisa mencontoh salah satu packaging biskuit yang berikut ini. Pada packaging ini penjual mencoba membuat gambar hewan yakninya beruang dengan bagian mulutnya yang transparan sehingga membuat isi kemasan tersebut terlihat dari luar. Hasil dari kreasi seperti ini membuat gambar seolah beruang tengah memakan biskuit tersebut. Nah packaging seperti ini tentu bisa juga kalian gunakan pada berbagai makanan lainnya, dan kalian pun tidak harus menggunakan gambar beruang. Kalian bisa menggunakan gambar hewan lainnya yang kalian suka.

4. Packaging yang berbeda dari packaging pada umumnya

Salah satu cara lainnya dalam menghasilkan packaging yang menarik adalah dengan membuat packaging yang unik dan berbeda dari packaging lainnya meskipun produk yang kalian jual sama. Contohnya salah satu packaging teh celup ini. Teh celup ini mencoba mengangkat konsep lemari pakaian pada packagingnya. Dengan kotak luarnya yang persegi seperti lemari dan teh yang dibuat seperti baju lengkap dengan gantungannya memberikan kesan unik pada teh celup tersebut. Bagi kalian pecinta teh melihat packaging yang satu ini tentu akan tertarik untuk membeli produknya meski belum pernah mencoba rasanya.

5. Packaging yang berisi pesan

Packaging makanan bisa juga kalian lengkapi dengan pesan-pesan singkat lucu yang bisa membuat penikmat makanan tersebut terhibur. Tidak hanya dengan kata-kata, namun pesan pada packaging ini juga bisa kalian suguhkan dengan gambar sehingga menghasilkan kesan yang lebih melekat di ingatan pembeli.  Selain pesan-pesan lucu bisa  juga pesan-pesan yang memotivasi, sehingga pembeli menjadi bersemangat ketika membacanya. Belakangan sudah banyak yang membuat packaging berisi pesan ini, terutama pada bisnis kopi. Namun di bisnis makanan masih sedikit yang menggunakan, jadi ini bisa menjadi peluang tersendiri untuk mengembangkan bisnis kalian.

6. Packaging yang praktis

Packaging makanan yang lucu dan unik mungkin bisa menarik perhatian banyak pembeli, namun ada juga pembeli yang cenderung menyukai packaging makanan yang terkesan praktis dan sederhana. Jadi tidak ada salahnya juga kalian mencoba mengembangkan bisnis kalian dengan packaging sederhana namun tetap bisa menyimpan makanan tersebut dengan baik. Contohnya pada packaging yang satu ini yang mencoba menggabungkan kotak kue dan minuman dalam satu wadah. Hal ini membuat pembeli tidak harus repot membawa dua kotak yang terpisah, dan bisa membawanya secara bersamaan. Selain itu bisa juga dengan menggabungkan kotak kue dengan sausnya dalam satu packaging yang sama.

7. Packaging dengan tema yang sama dengan produk

Jika kalian pecinta kue kering maka pasti tahu bahwa kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan oven. Nah untuk pebisnis kue kering oven bisa dijadikan salah satu ide unik dalam membuat packaging makanan kalian. Packaging yang satu ini pun cukup kalian buat dengan kertas dengan bahan yang bagus yang sekiranya aman untuk produk kalian. Melihat bentuk packaging yang seperti ini tentu pembeli akan tertarik karena seolah bisa memakan kue yang keluar langsung dari ovennya. Untuk melengkapi tampilan oven jangan lupa tambahkan kertas roti untuk menata kuenya.

Nah itu dia ide unik packaging makanan yang mungkin bisa kalian jadikan contoh dalam bisnis yang sedang kalian kembangkan. Semakin unik packaging kalian maka akan semakin menarik untuk para pembelinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *