Cara membuat yoghurt homemade

Yoghurt, Kalian pasti udah tahu dong dengan olahan susu yang satu ini. yoghurt adalah suatu olahan dari susu yang sudah melalui suatu proses yang disebut dengan proses fermentasi dimanaproses ini menggunakan tambahan organisme yang baik, organisme yang dipakai yaitu bakteri asam laktat. Cara membuat yoghurt umumnya yaitu memasukan suatu bakteri spesifik ke susu kemudian susu di masukan kedalam ruangan dengan temperature yang terkontrol dan kondisi lingkungannyapun harus terkontrol. Fermentasi laktosa atau gula susu nantinya akan menghasilkan asam laktat, asam laktat inilah yang berperan dalam pembuatan yoghurt. Dimana asam laktat akan membuat susu menjadi bertekstur seperti gel dan mengental kemudian akan memberikan aroma yang khas.

Manfaat yoghurt yang sangat banyak karena didalam yoghurt terkandung bakteri baik yaitu lactobacillus. Selain itu di dalam yoghurt juga terkandung mineral, vitamin b dan juga protein. Yoghurt yang dikonsumsi setiap hari dapat memperlancar pencernaan, meningkatkan kekebahan tubuh (imunitas)dan membuat kulit terjaga kesehatannya. Yoghurt dapat dikonsumsi oleh semua orang, orang yang alergi susupun dapat mengkonsumsi susu loh meskipun yoghurt itu adalah susu, kenapa? Karena laktosa dalam susu sudah dirusak oleh bakteri karena adanya proses fermentasi sehingga orang yang alergi terhadap susupun tidak akan alergi.

Yogurt sangat digemari karena rasanya yang menyegarkan, perpaduan antara asam manis dan teksturnya yang lembut saat dimakan membuat banyak orang sangat suka dengan minuman fermentasi yang satu ini. apalagi jika yoghurt dikonsumsi saat siang hari, akan terasa sangat segar. Bukan hanya itu yoghurt bisa dijadikan beberapa olahan seperti dijadikan sebagai dressing salad. Yoghurt memang bisa temukan dimana-mana entah itu di toko makanan, minimarket atau diwarung-warung. Namun jika kalian ingin membuat yoghurt sendiri dirumah, itu bukan hal yang mustahil! Jika kita membuatsendiri dirumah itu pasti akan jauh lebih sehat, karena tidak menggunakan pengawet dan tambahan lainnya, selain itu bahan yang digunakan pun bisa kamu pilih sendiri dan pastinya dengan membuat sendiri kamu bisa lebih hemat.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep yoghurt homemade yang pastinya tidak kalah enak dengan yoghurt yang dibeli dipasaran. Susu yang digunakan untuk membuat yoghurt pada resep ini yaitu susu bubuk, yang pertama harus dilakukan yaitu siapkan 1 kotak susu bubuk yang tidak berasa atau yang memiliki rasa buah-buahan seperti strawberry agar rasanya enak. Kemudian siapkan juga 1 cangkir yoghurt plain. Setelah semua bahan disiapkan, yuk kita lihat cara membuat yoghurt dari susu bubuk.

cara membuat yoghurt dari susu bubuk:

  1. Pertama-tama masukan susu bubuk sebanyak 12 sendok makan ke dalam panci, kemudian tambahkan air matang sebanyak 4 gelas. Lalu aduk susu hingga susu benar-benar larut kedalam air. Untuk memastikan susu larut seluruhnya kita bisa melakukan secara bertahap, yaitu dengan melarutkan 3 sendok susu kedalam 1 gelas air terlebih dahulu hingga 4 gelas.
  2. Kemudian air susu dipanaskan hingga terlihat gelembung-gelembung kecil yaitu sekitar 2 sampai dengan 3 menit
  3. Kemudian pindahkan susu kedalam panci lain yang memiliki tutup, dan diamkan susu hingga tidak ada lagi uap
  4. Kemudian tuangkan yoghurt plain kedalam susu
  5. Aduk sampai rata
  6. Tutup panci, usahakan tertutup dengan benar dan rapat. Kemudian tutup dengan kain agar tidak ada udara yang masuk.
  7. Simpan panci kedalam ruangan yang suhunya stabil
  8. Kalian bisa mendiamkannya selama 10 jam atau selama seharian, dan yoghurt pun sudah jadi

Mudah bukan membuat yoghurt sendiri dirumah? Yakin kalian tidak mau mencobanya? Yuk coba sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *