5 Cara Menghindarkan Anak dari Ruam Popok

Salah satu penyakit yang sering dialami bayi adalah penyakit kulit seperti ruam popok atau dermatitis popok. Pada umumnya penyakit ini disebabkan adanya gejala merah atau ruam. Hal ini dikarenakan berbagai faktor. Misalnya dari iritasi urin dan feses, infeksi jamur bahkan salah memilih popok. Oleh karena itu sebelum Anda memburu diskon pampers, ada baiknya Anda menyimak informasi berikut ini.

1. Pilih dan Pilah Produk Popok

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih dan memilah produk popok yang pas dengan kondisi anak atau bayi Anda. Saat Anda membeli popok di supermarket atau di tempat lain pastikan terlebih dahulu mengenai kandungan yang ada di kemasan popok. Pastikan tidak ada zat-zat yang dapat menyebabkan kulit bayi bisa teriritasi. Pastikan juga popok yang Anda pilih pas dan sesuai dengan tubuh anak.

2. Oleskan Baby Cream

Berikutnya Anda bisa mengoleskan produk baby cream sebelum memakaikan popok pada bayi atau anak. Jangan pernah menggunakan bedak lagi jika sudah menggunakan produk ini. Anda bisa mengoleskan secara merata. Jika sudah, Anda bisa menunggu sebentar agar cream dapat menyerap dengan sempurna dengan cara mengeringkan dan mengipas-ngipasinya.

Apabila mulai muncul tanda-tanda atau gejala ruam popok, Anda bisa memberikan cream yang mengandung zinc oxide. Bisa juga menggunakan witch hazel, gel aloe vera, atau krim yang mengandung calendula. Namun, penggunaan cream ini tentu harus dikonsultasikan dulu ke dokter. Anda bisa minta resep untuk menebus obat untuk menangani jika ruam popok sudah terjadi secara masif.

3. Cek Popok Secara Rutin

Tindakan selanjutnya agar tidak terjadi ruam popok, Anda harus sering-sering mengecek popok anak. Hal ini untuk memastikan apakah anak sudah mengeluarkan cairan atau kotoran. Biasanya popok anak akan terlihat menggembung atau membesar. Jangan tunggu lebih lama lagi jika tidak ingin terjadi ruam popok yang disebabkan oleh iritasi urin atau feses.

4. Ganti Popok Secara Rutin

Jika Anda sudah melihat popok terlihat menggembung atau membesar, segera ganti. Lebih baik lagi jika Anda menggantinya maksimal 4 jam sekali. Namun, terkadang anak selama 4 jam tersebut tidak mengeluarkan kotoran apapun. Melihat hal ini, Anda juga harus tetap mengganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah kulit terasa lembab karena tidak mendapatkan sirkulasi udara dengan baik.

5. Pilih dan Pilah Pakaian yang Nyaman

Pakaian adalah salah satu faktor yang mendukung agar anak tidak terhindar dari ruam popok. Anda bisa memilih dan memilah pakaian yang bisa menyerap keringat. Hal ini disebabkan karena pada bagian bawah bayi atau anak sudah tidak bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Sehingga menyebabkan udara lembab dan adanya butiran-butiran seperti keringat. Pakaian yang nyaman, dapat meringankan kondisi ini. Oleh karena itu, sebelum Anda memburu diskon pampers ada baiknya Anda memperhatikan kandungan zat yang ada di popok dan memilihkan pakaian yang tepat. Anda bisa memenuhi hal tersebut dengan belanja di marketplace Orami. Anda bisa menjumpai produk popok yang tepat dengan potongan harga.

Deolinda