4 Destinasi Wisata Terbaik di Dieng, Wonosobo

Dieng merupakan destinasi wisata paling populer di kawasan Wonosobo, Jawa Tengah. Bisa dikatakan kalau wisata unggulan Jawa Tengah ini selalu ramai dikunjungi pelancong baik lokal atau mancanegara. Jangan heran kalau Anda tidak akan menemukan penginapan di Dieng yang kosong saat musim liburan tiba. Apakah Anda berencana menikmati liburan di Dieng bersama orang tercinta? Pastikan Anda mengunjungi rekomendasi tempat wisata Dieng berikut ini.

Bukit Sikunir

Dataran tinggi Dieng selalu menawarkan panorama alam yang akan membuat Anda takjub. Salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Bukit Sikunir. Ya, Golden Sunrise merupakan momen paling mempesona yang ditawarkan Bukit Sikunir. Alam yang mempesona bagai negara di atas awan bisa menjadi latar foto Instagram Anda.

Meskipun Anda harus menaiki undakan tangga untuk mencapai puncak bukit, semua kelelahan bakal tertebus, kok. Selain itu, Anda tidak perlu membayar biaya masuk ke tempat wisata Sikunir kecuali biaya parkir kendaraan saja. Hemat ongkos, bukan?

Gunung Prau

Tak hanya Bukit Sikunir saja yang menjadi primadona wisata Dieng, Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl menawarkan pemandangan serupa. Anda bisa menikmati momen matahari terbit yang eksotis. Gumpalan awan-awan putih bisa memberikan sensasi berada di negeri atas awan, lho! Suasana udara yang cukup dingin menambah sensasi pengalaman seru liburan di Dieng.

Gunung Prau juga menawarkan momen sunset yang tak kalah indah dengan fenomena sunrise. Jalur pendakian menuju ke puncak memang cukup sulit dan butuh waktu yang agak lama sekitar 2-3 jam dari Desa Patak Banteng. Sebaiknya Anda memang menginap di homestay Dieng kalau ingin puas menikmati liburan di Gunung Prau.

Telaga Warna

Pesona Dieng memang memikat dan terkenal di kalangan pecinta alam. Kalau merencanakan liburan ke Dieng, pastikan Anda memasukkan Telaga Warna ke dalam daftar kunjungan. Pasalnya, Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kejajar, Wonosobo.

Fenomena warna air telaga yang bisa berubah karena pengaruh belerang bisa menjadi momen fotografi terbaik. Anda bisa mengambil foto terbaik di jembatan kayu yang menjadi ikon Telaga Warna. Jangan lewatkan melihat beberapa gua bersejarah bagi masyarakat sekitar Dieng yang berada satu kompleks dengan Telaga Warna. Pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi masuk kawasan wisata sekitar 10 ribu rupiah saja.

Telaga Merdada

Dibandingkan dengan Telaga Warna, nama Telaga Merdada mungkin kalah populer. Namun, keindahan yang dimiliki Telaga Merdada tak kalah eksotis dengan Telaga Warna. Anda bisa melihat pemandangan lanskap dataran tinggi Dieng dari ketinggian. Diapit dua bukit terjal yaitu Pangonan dan Sumurup, pemandangan alam yang hijau semakin menambah eksotisme pagi Anda.

Bagi orang yang suka dengan momen sepi dan privat, Telaga Merdada menawarkan keunggulan tersebut. Anda bisa merelaksasi pikiran yang penat karena aktivitas padat di perkotaan di danau terluas di Dieng ini. Pastikan Anda memesan kamar hotel di Dieng untuk menikmati semua wisata yang ada di kawasan Wonosobo.

Masih ada banyak tempat wisata di kawasan Dieng yang harus Anda kunjungi seperti Candi Gatotkaca yang merupakan sisa peninggalan Ratu Sima. Meskipun Candi Gatotkaca berada di kabupaten Banjarnegara secara administratif, tetapi wisata sejarah ini masuk dalam wisata wajib di kawasan Dieng. Selain Candi Gatotkaca, Anda juga bisa mengunjungi Candi Arjuna yang berada satu kompleks dengan Kawah Sikidang.

Tertarik menghabiskan akhir pekan di Dieng? Yuk, pesan hotel di Dieng Wonosobo lewat aplikasi Pegipegi! Dijamin Anda akan mendapatkan penawaran eksklusif liburan asyik di Dieng bersama pasangan atau keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *